PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 190 TADULAKO

INDASARI, INDASARI (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 190 TADULAKO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
INDASARI-1601414099.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indasari. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri I Tadulako Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur.(dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Rosmalah Yanti) Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Penelitian ini diakhiri dalam dua siklus karena telah mencapai indikator keberhasilan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 20 siswa. Instrument penelitian ini adalah soal tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dibuktikan dengan nilai presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA meningkat pada siklus I mencapai 40% dengan rata-rata kelas 60,2, meningkat pada siklus II mencapai 95% dengan rata-rata 79,7. Pada siklus I aspek yang terlaksana yaitu 10 atau (58,8) dengan kategori tidak tuntas, pada siklus II terjadi peningkatan dimana aspek yang terlaksana yaitu 16 atau (94,1) dengan kategori tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri I 190 Tadulako.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Ilmiati Illing, S.Si., M.PdNIDN0917078601
UNSPECIFIEDYANTI, Rosmalah Yanti, S,Pd., M.PdNIDN0910128803
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA Problem Based Learning
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 16 Jul 2021 08:01
Last Modified: 16 Jul 2021 08:01
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item View Item