MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV MELALUI STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 37 MAWA KOTA PALOPO

TRIANA, EMA (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV MELALUI STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 37 MAWA KOTA PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
EMA TRIANA-1601414208.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ema Triana. 2020. Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Melalui STAD Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri 37 Mawa Kota Palopo (dibimbing oleh Ibu Dr. Rusdiana Junaid dan Ibu Juwita Crestiani). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran bahasa indonesia di kelas IV sd negeri 37 Mawa kota palopo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 18 siswa dan objek penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan MC. Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bacaan, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis kualitatif dan pembahasan terhadap data yang dikumpulkan melalui penelitian pada kelas IV SD Negeri 37 Mawa kota Palopo dengan menganalisis berbagai kemungkinan yang ada, akhirnya di ambil satu alternatif yaitu pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran metode STAD menjadikan membaca siswa menjadi secara aktif dan mendapatkan aktivitas kembali dari proses pembelajaran sehingga belajar lebih bermakna. Hal itu dikarenakan pada pembelajaran tersebut, guru hanya menggunakan metode stad. Sehingga pemahaman membaca siswa tidak terlihat aktif, yang pada akhirnya berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Setelah di terapkan Metode STAD dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Peningkatan terjadi dalam segi proses dan hasil. Peningkatan proses dapat dilihat dari hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa siswa terlihat lebih aktif bertanya dan merasa senang bercerita dalam pemahaman membaca sehingga hasil pemahaman membaca siswa kelas IV menjadi lebih baik. . Peningkatan hasil Pemahaman Membaca pada kondisi awal sebesar 69,88 (cukup), menjadi 69,08 (cukup) pada siklus I dan siklus II menjadi 82,88 (baik). Sebesar 94,11% siswa mencapai nilai≥75. Dengan demikian, dalam proses pembelajaran guru hendaknya menggunakan model pembelajaran metode STAD, karena selain mampu meningkatkan aktivitas membaca dan hasil belajar pun menjadi lebih optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDCRESTIANI, Juwita Crestiani, S.Pd., M.PdNIDN0920128503
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD).
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 16 Jul 2021 07:46
Last Modified: 16 Jul 2021 07:46
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item