PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 37 MAWA

SONDA, NATALIA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 37 MAWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
NATALIA SONDA_1601414206.pdf

Download (1MB)

Abstract

NATALIA SONDA. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 37 Mawa (dibimbing oleh Sehe Madeamin dan Opik Dwi Indah). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V SDN 37 Mawa dengan menggunakan model pembelajaran student teams achievement division (STAD). Jenis penelitian yang digunakan adalah pre- experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 37 Mawa yang terdiri dari 1 kelas. Pengambilasn sampel sebanyak 10 siswa dari 22 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes yang diberikan pada pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh nilai rata-rata hasil prestest adalah 45.70 (kategori kurang) dan nilai rata-rata hasil posttest adalah 76.20 (kategori baik). Itu berarti terdapat peningkatan antara nilai pretest dan posttest sebesar 30.5. Sementara itu, nilai t- test dari hasil belajar siswa (P-value) adalah 0.00. Hal ini menunjukkan bahwa nilai P (P-value) lebih rendah dari alfa (α), atau 0.00 < 0.05. Maka hasil hipotesis dari penelitian ini adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Itu berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest siswa setelah diberi perlakuan menggunakan model belajar STAD. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 37 Mawa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMADEAMIN, Dr. H. Sehe Madeamin, M.PdNIDN0001016505
UNSPECIFIEDINDAH, Opik Dwi Indah S.Pd., M.PdNIDN0904108702
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran student teams achievement division (STAD), hasil belajar.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 16 Jul 2021 07:38
Last Modified: 16 Jul 2021 07:38
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item View Item