IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEORI BELAJAR BURNER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 UPT SD NEGERI 020 POMBUNTANG

ANWAR, NURAFNIN (2020) IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEORI BELAJAR BURNER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 UPT SD NEGERI 020 POMBUNTANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
Nurafni Anwar -1601414155.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nurafni Anwar. 2020. Implementasi pendekatan teori belajar Burner untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas II UPT SDN 020 Pombuntang Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara Tahun ajaran 2019 /2020 (dibimbing oleh Dr. Rusdiana Junaid dan Reski Pilu). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa operasi hitung penjumlahan bilangan cacah dengan penggunaan pendekatan teori belajar Burner. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II UPT SDN 020 Pombuntang Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara, kelas II memiliki jumlah siswa sebanyak 22 siswa objek penelitian ini adalah pelajaran matematika materi operasi penjumlahan bilangan cacah pada pendekatan teori belajar Burner untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDN 020 Pombuntang Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data adalah observasi dan tes untuk mengetahui lebih jelas prestasi belajar siswa melalui pendekatan teori belajar burner pada siswa kelas II UPT SDN 020 Pombuntang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik anlisis kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan tentang meningkatnya prestasi belajar siswa melalui pendekatan teori belajar Burner kelas II UPT SDN 020 Pombuntang Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara. Diketahui bahwa pada pra tindakan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM ada 9 siswa atau 40 % dan siswa yang tidak mencapai nilai KKM sebanyak 13 siswa atau 60%. Pada pembelajaran siklus I siswa yang mencapai nilai KKM ada 14 Siswa dan siswa yang tidak mencapai nilai KKM sebanyak 8 siswa atau 36%. Kemudian pada siklus ke II siswa yang mencapai nilai KKM berjumlah 19 Siswa atau 86% dan siswa yang tidak Mencapai Nilai KKM sebanyak 3 siswa atau 13 %. Aktivitas siswa ketika pembelajaran meningkat dari siklus I sebesar 64% dan meningkat menjadi 78% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDPILU, Reski Pilu, S.Pd., M.PdNIDN0911118603
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Siswa Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Cacah, Teori Belajar Burner
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 16 Jul 2021 07:28
Last Modified: 16 Jul 2021 07:28
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item