PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 43 TAKKALALA

BASRI, ASTRIA (2020) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 43 TAKKALALA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
ASTRIA BASRI (1601414354).pdf

Download (2MB)

Abstract

Astria Basri, 2020. Peningkatan Minat Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) pada Pembelajaran IPSKelas IV SDN 43 Takkalala (dibimbing oleh Rusdiana Junaid dan Erni). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 43 Takkalala yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) kelas IV SDN 43 Takkalala. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVyang berjumlah 29 siswa tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru dalam keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, untuk minat belajar menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif (nilai masing- masing siswa pada setiap akhir siklus dijumlahkan) dan kualitatif (mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator keterlaksanaan pembelajaran dari siklus I sebesar 94%, meningkat pada siklus II sebesar 100% dan masuk kategori sangat baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 93%, meningkat pada siklus II sebesar 100% dan masuk kategori sangat aktif. Untuk minat belajar siswa pada siklus I sebesar 48%, meningkat pada siklus II sebesar 93%. Demikian dapat dikatakan bahwa siswa kelas IV SDN 43 Takkalala telah berhasil dalam peningkatan minat belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) pada siklus II. Apabila dikonfirmasikan dengan indikator keberhasilan, dinyatakan berhasil jika persentase minat belajar siswa mencapai angka 80%. Hasil tersebut memperlihatkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 43 Takkalala pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDERNI, Erni, S.Pd. SD. M.PdNIDN0911118108
Uncontrolled Keywords: minat belajar, pembelajaran IPS, model kooperatif tipe NHT
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 16 Jul 2021 06:37
Last Modified: 16 Jul 2021 06:37
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item View Item