PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 103 KARAWAK KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA

HENDRA, HENDRA (2020) PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 103 KARAWAK KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
HENDRA-1601414139.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hendra. 2020. Penerapan Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 103 Karawak Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. (dibimbing oleh Sri Damayanti dan Hermini). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa,dan aktifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas dengan menggunakan metode Picture and Picture. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, penelitian ini dilakukan secara bersiklus yang dimana siklus I dan siklus berikutnya berkaitan, dengan jumlah pertemuan tiap siklusnya tiga kali dalam satu siklus. Gambaran umum yang dilaksanakan ialah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 103 Karawak Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu utara. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai KKM, siklus I sebanyak 62,50% dan siklus II sebanyak 74,72%. Terjadi peningkatan sebanyak 12,22%. Keberhasilan ini disebabkan dengan penerapan metode Picture And Picture dengan menanamkan konsep-konsep pokok dengan mebimbing siswa untuk lebih mampu mengenal keadaan sosial di lingkungan mereka, aktivitas siswa terhadap proses pembelajaran telah berlangsung dengan membaik dari tahap awal pada saat pra penelitian, siklus I hingga ke siklus II hal ini ditandai dengan peningkatan dengan persentase mengikuti pebelajaran sebanyak 2 aspek atau sebesar 33,2 % pada siklus 1 adapun pada siklus 2 jumlah persentase yang mengikuti yaitu 6 aspek telah terlaksana dengan persentase 100%. Dengan menggunakan metode Picture And Picture sikap siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar, ampu memperhatikan proses pembelajaran dengan baik, mampu memberikan pertanyaan kepada guru jika tidak dipahami dengan baik hal ditandai dengan adanya proses belajar dengan baik, sehingga dapat dikatakan dengan menggunakan lembar observasi siswa dapat diketahui bahwa peningkatan aktivitas siswa dari pra penelitian hingga siklus II dapat dikatakan berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDAMAYANTI, Sri Damayanti S, S.s., M. HumNIDN0016037902
UNSPECIFIEDHERMINI, Hermini, S.Pd., M.PdNIDN0912028701
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Picture And Picture
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 16 Jul 2021 06:27
Last Modified: 16 Jul 2021 06:27
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item View Item