PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IVA SD NEGERI 23 BATARA KOTA PALOPO

SRIANI, KETUT (2020) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IVA SD NEGERI 23 BATARA KOTA PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
KETUT SRIANI-1601414176.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ketut Sriani. 2020. Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Pada Materi Pecahan Siswa Kelas SD Negeri 23 Batara Kota Palopo. Pembimbing I Muhammad Ilyas dan pembimbing II M. Rusli B. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas SD Negeri 23 Batara Kota Palopo mata pelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Tahapan penelitian ini dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data tentang aktivitas belajar siswa dan data keterlaksanaan. Data aktivitas belajar siswa diolah dengan menggunakan rumus rata-rata dan klasikal. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjjukkan bahwa pada siklus I siswa yang masuk kedalah kategori sangat aktif tidak mencapai rata-rata dan ketuntasan klasikal yang ditentukan, persentase ketuntasan yang diperoleh pada siklus I yaitu 16.6%. Siklus II menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan perolehan persentase yaitu 91.5%. Perolehan persentase pada siklus II menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi pecahan di SD Negeri 23 Batara Kota Palopo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDRUSLI, M.Rusli B, S.Pd., M.PdNIDN0926018902
Uncontrolled Keywords: aktivitas, model pembelajaraan kooperatif, make a match
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 16 Jul 2021 06:12
Last Modified: 16 Jul 2021 06:12
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item