PENGARUH STRATEGI ICE BREAKING GIVING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA perimen pada Pembelajaran Tematik Kelas II Se-Gugus I Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur)

NURYANA, NURYANA (2020) PENGARUH STRATEGI ICE BREAKING GIVING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA perimen pada Pembelajaran Tematik Kelas II Se-Gugus I Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
NURYANA_1601414337_PGSD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nuryana, 2020. Pengaruh Strategi Ice Breaking Giving terhadap Motivasi Belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II Se-gugus 1 Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur (dibimbing oleh Rusdiana Junaid dan Sunardin). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh strategi ice breaking giving terhadap motivasi belajar pada mata pembelajaran tematik siswa kelas II (2) seberapa besar pengaruh strategi ice breaking giving terhadap motivasi belajar pada mata pembelajaran tematik siswa kelas II Se-gugus 1 Kecamata Towuti Kabupaten Luwu Timur. Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 73 responden. Teknik pegambilan sampel yang digunakan yaitu proportionate stratiffed random sampling. Instrument yang digunakan berupa angket motivasi belajar. Berdasarkan hasil analisis statistik normalitas, homongenitas, uji-t, dan uji regresi. Hasil perhitungan uji-t independent sampel T test, diperoleh nilai Sig(2- Tailed) sebesar 0,000. Karena singnifikansi < 0,05 maka ditolak dan diterima, maka terdapat pengaruh strategi ice breaking giving terhadap motivasi belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas II Se-gugus 1 Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur. Hasil perhitungan uji regresi pada model summary diperoleh koefisien determinan yaitu sebanyak 0,623 yang dinyatakan dalam bentuk persentase yaitu sebesar 38,8% yang dibulatkan menjadi 39% atau setara dengan 0.888. Terbukti bahwa besarnya pengaruh strategi ice breaking giving terhadap motivasi belajar siswa kelas II SDN Se-gugus 1 Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur yaitu sebesar 39% atau setara dengan 0,388. Berdasarkan hasil deskripsi data di kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran ice breaking, motivasi siswa memiliki rata-rata skor 72,2. Sedangkan pada kelas kontrol nilai motivasi siswa memiliki rata-rata skor 63,7.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDSUNARDIN, Sunardin, S.Pd., M.PdNIDN0902108903
Uncontrolled Keywords: strategi ice breaking giving, motivasi belajar, pembelajaran tematik.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 16 Jul 2021 04:58
Last Modified: 16 Jul 2021 04:58
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item View Item