PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 7 PONJALAE

ADLIAH, NURUL (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 7 PONJALAE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
NURUL ADLIAH-1601414140.pdf

Download (2MB)

Abstract

NURUL ADLIAH. 2020. Pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri 7 Ponjalae, dibimbing oleh Dr. Sehe Madeamin dan Andi Kilawati Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperative learning tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 7 Ponjalae. Penelitian ini menggunakan desain penelitian True Eksperimen Desain Desain dengan metode Pretest-Posttest Control Group Design. Setelah melakukan penelitian ini, di peroleh hasil pretest siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen sebelum di berian perlakuan model pembelajaran Talking Stick dengan persentasi nilai rata-rata 42,50% dan Hasil postest setelah penggunaan model pembelajaran Talking Stick dengan persentase nilai rata-rata sebesar 81,88%. Pada kelas VA sebagai kelas kontrol, hasil pretest menunjuakan persentase nilai rata-rata sebesar 37,92% sedangkan setelah setalah melalui proses pembelajaran konvensional di peroleh hasil belajar dengan nilai rata-rata sebesar 70, 83%. Hasil pencapaian KKM postest pada kelas eksperimen yang memperoleh nilai ≥ 75 dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick adalah 22 orang dengan persentase 92%, sedangkan pada kelas ontrol yang memperoleh nilai ≥ 75 dengan menggunakan metode konvensional adalah 11 orang dengan persentase 46%. Pada penelitian ini didapatan nilai signifikansi dilihat dari hasil analisis uji independent sampel t-test diperoleh bahwa nilai sig.(2-tailed) adalah sebesar 0.000<0,05 berarti ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Talking Stick terhadap hasil belajar Ips siswa kelas V SD Negeri 7 Ponjalae.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMADEAMIN, Dr. H. Sehe Madeamin, M.PdNIDN0001016505
UNSPECIFIEDKILAWATI, Andi Kilawati, S.Pd., M.Pd,NIDN0902079002
Uncontrolled Keywords: Model cooperative learning tipe talking stick, hasil belajar, IPS.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 16 Jul 2021 04:42
Last Modified: 16 Jul 2021 04:42
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item View Item