PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA VISUAL GAMBAR PADA MATERI BIDANG DATAR DI KELAS VI A SDN 22 MURANTE

SONDA, YUSTRI (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA VISUAL GAMBAR PADA MATERI BIDANG DATAR DI KELAS VI A SDN 22 MURANTE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
YUSTRI SONDA-1601414347.pdf

Download (3MB)

Abstract

Yustri Sonda. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Gambar Pada Materi Bidang Datar Di Kelas VI A SDN 22 Murante Kota Palopo (dibimbing oleh Ma’rufi dan Fitriani A.) Penelitian ini bertujuan untuk menemukan salah satu solusi peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi bangun datar yang dapat ditingkatkan melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas VI A SDN 22 Murante. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dengan empat tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dari Tanggal 4 Februari sampai dengan 29 Februari 2020 pada SDN 22 Murante. Obyek penelitian adalah 22 orang siswa kelas VI A. Insrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, tes hasil belajar, angket respon. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa materi bangun datar melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Gambar. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa setelah pelaksanaan tindakan oleh peneliti pada siklus I jika diperbandingkan dengan hasi belajar siswa hasil tes awal dan peningkatan pada siklus II jika diperbandingkan dengan hasil belajar siswa pada siklus I. Pada pelaksanaan tes awal nilai rata – rata hasil belajar siswa adalah pada pelaksanaan tes awal nilai rata-rata hasil belajar siswa berada pada kategori cukup baik meningkat pada siklus I menjadi kategori baik dan pada siklus II meningkat pula menjadi kategori sangat baik. Hasil penelitian Peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media gambar menunjukkan adanya peningkatan lain yang mana peningkatan itu sangat mendukung peningkatan hasil belajar siswa yaitu keterlaksanaan pembelajaran yang ceria dan kondusif serta peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaqran yang biasa disebut kegiatan belajar mengajar ( KBM ),

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDFITRIANI, Fitriani A., S.Pd., M.PdNIDN0905098701
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif. Tipe Jigsaw, Media Visual, Hasil belajar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 16 Jul 2021 04:32
Last Modified: 16 Jul 2021 04:32
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/538

Actions (login required)

View Item View Item