PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DENGAN MEDIA GAMES TEBAK GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 142 TAMBOKE KEC. SUKAMAJU KAB. LUWU UTARA

ANNA, ANNA (2020) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DENGAN MEDIA GAMES TEBAK GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 142 TAMBOKE KEC. SUKAMAJU KAB. LUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
ANNA_1601414428.pdf

Download (1MB)

Abstract

ANNA. 2020. Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Melalui Media Games Tebak Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 142 Tamboke Kec. Sukamaju Kab. Luwu utara (dibimbing oleh Sehe Madeamin, dan Juwita crestiani M). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas IV SDN 142 Tamboke yang berjumlah 26 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data ini menggunakan instrument berupa lembar observasi aktivtas siswa dan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 47,7 dengan persentase belajar klasikal 46% dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 78,5 dengan persentase 80,8%. Ditinjau dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMADEAMIN, Dr. H. Sehe Madeamin, M.PdNIDN0001016505
UNSPECIFIEDCRESTIANI, Juwita Crestiani, S.Pd., M.PdNIDN0920128503
Uncontrolled Keywords: Model kooperatif Team Games Tournament, hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 16 Jul 2021 04:04
Last Modified: 16 Jul 2021 04:04
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item View Item