MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI DI SDN 359 WONOSARI

HAMSINAH, HAMSINAH (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI DI SDN 359 WONOSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
HAMSINAH-1601414377.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hamsinah, 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II pada Materi Perkalian dan Pembagian dengan Menggunakan Metode Resitasi di SDN 359 Wonosari (dibimbing oleh Ma'rufi dan Fitriani A.) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan metode resitasi pada pembelajaran matematika siswa, (2) peningkatan materi perkalian dan pembagian. Untuk melihat peningkatan nilai hasil belajar siswa di kelas II SD Negeri 359 Wonosari dengan metode resitasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas II SD Negeri 359 Wonosari yang berjumlah 21 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus dengan empat tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan/pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Analisis data yang telah dilakukan dan hasil proses belajar mengajar yang dilakukan memiliki hasil belajar siswa selama penerapan metode pada baik dan terjadi peningkatan. Hasil penelitian siklus I, data menunjukkan adanya peningkatan yang dimana siswa yang tuntas ada 14 orang dengan persentase ketuntasan 67% dari 21 orang siswa kelas II. Hasil penelitian siklus II, data menunjukkan adanya peningkatan dimana siswa yang ada 20 orang, dengan persentase ketuntasan 95% dari 21 siswa yang aktif pada kelas II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini yaitu penggunaan metode resitasi pada materi perkalian dan pembagian, dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas II SD Negeri 359 Wonosari. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada proses pembelajaran serta peningkatan hasil nilai siswa. tuntas Kata Kunci: Hasil belajar, metode resitasi, perkalian dan pembagian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDFITRIANI, Fitriani A., S.Pd., M.PdNIDN0905098701
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, metode resitasi, perkalian dan pembagian
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 16 Jul 2021 03:45
Last Modified: 16 Jul 2021 03:45
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item View Item