KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 63 PONJALAE BARU

BOBO', ANJELIANCE (2020) KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 63 PONJALAE BARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
ANJELIANCE BOBO' (1601414404).pdf

Download (2MB)

Abstract

Anjeliance Bobo’. 2020 Keefektifan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition ( CIRC) dalam pembelajaran membaca cepat mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN 63 Ponjalae Baru Kota Palopo.(Dibimbing oleh Sri Damayanti dan Juwita Crestiani M). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap keefektifan membaca cepat pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 63 Ponjalae Baru. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Palopo, bulan Juli sampai Agustus 2020. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V SDN 63 Ponjalae Baru Kota Palopo sebanyak 20 siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan metode CIRC efektif dalam pembelajaran membaca cepat mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN 63 Ponjalae Baru. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pretest dengan skor 64.2330, nilai tertinggi yang diperoleh siswa 81.22 sedangkan nilai terendah 42.23. Selanjutnya pada kelas posttes setelah penerapan metode CIRC dengan jumlah rata-rata 84.55 sedangkan nilai tertinggi yang diperoleh siswa 100,dan nilai terendah 75.15.Hasil pengaruh Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap keefektifan membaca cepat siswa kelas V SDN 63 Ponjalae Baru diperoleh rata-rata nilai sebelum penerapan atau di lakukannya pretest adalah 0.010 (p≤ 0,05 dan nilai setelah penerpan CIRC atau dilakukanya posttes adalah 0,106(p≥0,05) sehingga H_o ditolak dan H_a diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan CIRC terhadap keefektifan membaca cepat bahasa Indonesia kelas V SDN 63 Ponjalae Baru. Sehingga H_o ditolak dan H_a diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan CIRC terhadap keefektifan membaca cepat peserta didik di SDN 63 Ponjalae Baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDAMAYANTI, Sri Damayanti S, S.s., M. HumNIDN0016037902
UNSPECIFIEDCRESTIANI, Juwita Crestiani, S.Pd., M.PdNIDN0920128503
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 15 Jul 2021 07:46
Last Modified: 15 Jul 2021 07:46
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item View Item