PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 32 LAGALIGO KOTA PALOPO

MANSYUR, HARDIANTI (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 32 LAGALIGO KOTA PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
Hardiati Mansyur-1601414297.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hardiati Mansyur. 2020 Penerapan Model Pembelajaran talking stick dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 32 Lagaligo Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk (1)Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran talking stick siswa kelas IV SDN 32 Lagaligo Kota Palopo.(2)Untuk mengetahui hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran talking stick siswa kelas IV SDN 32 Lagaligo Kota Palopo (3)Untuk mengetahui hasil belajar saat penerapan model pembelajaran talking stick siswa kelas IV SDN 32 Lagaligo Kota Palopo.(4)Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam model pembelajaran talking stick siswa kelas IV SDN 32 Lagaligo Kota Palopo.(5)Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran talking stick siswa kelas IV SDN 32 Lagaligo Kota Palopo. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran talking stick di SD Negeri 32 Lagaligo Kota Palopo, kecamatan Wara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Taggart dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam enam kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas IV SDN 32 Lagaligo yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar yaitu observasi dengan daftar checklist dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif adalah data yang berbentuk kata-kata. Analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis data, dan kuantitatif adalah data yang berupa hasil ketuntasan belajar siswa berupa nilai akhir pada lembar kerja siswa yang dilakukan disetiap akhir pembelajaran. Indikator keberhasilan siswa ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan ketuntasan siswa mencapai 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV tersebut dapat dilihat berdasarkan persentase yang meningkat dari pra tindakan siswa sebesar 65,0% mengalami peningkatan 34,6 % pada siklus I menjadi 72,6% pada siklus II meningkat 92,3 % menjadi 92,6 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Ilmiati Illing, S.Si., M.PdNIDN0917078601
UNSPECIFIEDHARDIANTO, Hardianto, S.Pd., M.PdNIDN0915078902
Uncontrolled Keywords: Talking Stick, Aktivitas Dan Hasil belajar Matematika
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 15 Jul 2021 07:36
Last Modified: 15 Jul 2021 07:36
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item