EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA KANTONG BILANGAN DALAM MENINGATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III

ISLAH, ISLAH (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA KANTONG BILANGAN DALAM MENINGATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
ISLAH_1601414051_PGSD.pdf

Download (3MB)

Abstract

Islah. 2020. Efektivitas model pembelajaran koperatif tipe STAD berbantuan media kantong bilangan dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SDN 96 Campurejo (dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Hardianto). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN 96 Campurejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media kantong bilangan, (2) hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media kantong bilangan, (3) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media kantong bilangan efektif terhadap hasil belajar siswa di kelas III SDN 96 Campurejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Taggart dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam enam kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas III SDN 96 Campurejo yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media kantong bilangan untuk meningkatan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes essay, observasi aktivitas siswa dan observasi aktivitas guru, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif melalui persentase hasil kinerja guru dan secara kuantitatif melalui nilai ketuntasan belajar siswa individual, nilai rata-rata hasil belajar siswa, persentase hasil belajar klasikal siswa. Indikator keberhasilan siswa ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal belajar siswa mencapai 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa kelas III dapat dilihat berdasarkan persentase yang meningkat dari pra tindakan siswa sebesar 23,0% mengalami peningkatan 30,8% pada siklus I menjadi 53,8% pada siklus II meningkat 34,6% menjadi 88,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDHARDIANTO, Hardianto, S.Pd., M.PdNIDN0915078902
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Media kantong bilangan, Hasil belajar, Matematika
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 15 Jul 2021 07:26
Last Modified: 15 Jul 2021 07:26
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item