HASNA, HASNA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVSDN 200 CENNING MALANGKE BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.
![]() |
Text
HASNA-1601414084.pdf Download (3MB) |
Abstract
Hasna, 2020 Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 4 SDN 200 Cenning (dibimbing oleh Andi Kilawati dan Ma’rufi). Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas yang dilaksanakan di SDN 200 Cenning yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran mind mapping pada peserta didik kelas IV SDN 200 Cenning. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN 200 Cenning dengan jumlah 20 orang pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan secara langsung dalam proses pembelajaran menggunakan lembar observasi pemahaman peserta didik dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dikategorikan ke dalam kategori tidak tuntas ke kategori tuntas dan kriteria ketuntasan maksimal (KKM) yang digunakan di SDN 200 Cenning. Hasil penelitian Hal ini ditandai dengan antusias siswa dalam memecahkan masalah sehingga diperoleh daya serap klasikal pada siklus I sebesar 70% sedangkan pada siklus II sebesar 100%. Hasil tersebut memberikan dampak positif terhadap kegiatan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, mind mappingdan IPA | |||||||||
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Tugas Akhir > Skripsi Tugas Akhir |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | mrs Dachliana Baderu | |||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2021 07:57 | |||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2021 07:57 | |||||||||
URI: | http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/527 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |