PENGARUH MODELPEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI (Studi eksperimen pada siswa kelas IV SDN Kecamatan Wara Kota Palopo)

RUNI, YUSTIN (2020) PENGARUH MODELPEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI (Studi eksperimen pada siswa kelas IV SDN Kecamatan Wara Kota Palopo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
YUSTIN RUNI -1601414174.pdf

Download (2MB)

Abstract

YUSTIN RUNI, 2020. Pengaruh model Mind Mapping terhadap keterampilan menulis karangan narasi studi eksperimen pada siswa kelas IV SDN Kecamatan Wara Kota Palopo (dibimbing oleh Sehe Madeamin dan Sunardin). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk:(1) Mendeskripsikan nilai keterampilan menulis karangan narasi siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) mendeskripsikan nilai keterampilan menulis karangan narasi siswa yang belajar menggunakan model Mind Mapping; (3) mengetahui pengaruh model Mind Mapping terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Kecamatan Wara Kota Palopo. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV SDN Sekecamatan Wara Kota Palopo. Jumlah sampel yang ditentukan dalam penelitian ini yaitu 44, dan teknik pengambil sampel yaitu Teknik Simpel Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan menggunakan instrument lembar unjuk kerja siswa. Data yang telah didapatkan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial, dan uji hipotesis penelitian menggunakan uji-T. Adapun hasil analisis deskripsi dalam penelitian ini yaitu, (1) nilai keterampilan menulis karangan narasi siswa yang belajar menggunakan model konvensional < 70% dari KKM yang telah ditetapkan yaitu 41,56 < 70% sehingga H0 diterima dan H1 ditolak; (2) nilai keterampilan menulis karangan narasi siswa yang belajar menggunakan model Mind Mapping > 70% dari KKM yang telah ditetapkan yaitu 81,56 > 70% sehingga H1 diterima dan H0 ditolak; (3) terdapat pengaruh model Mind Mapping terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa, hal tersebut dapat dilihat hasil uji-T yang menunjukkan nilai Pvalue > 0,05 ditolak, dan juga didukung oleh nilai t hitung ≥table yaitu 7,811 > 0,00 dengan df = 48 pada taraf signifikansi 5% adalah 0,00, sehingga sehingga H1 dterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMADEAMIN, Dr. H. Sehe Madeamin, M.PdNIDN0001016505
UNSPECIFIEDSUNARDIN, Sunardin, S.Pd., M.PdNIDN0902108903
Uncontrolled Keywords: Menulis Narasi
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 14 Jul 2021 07:52
Last Modified: 14 Jul 2021 07:52
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item