PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL MIND MAPPING SISWA KELAS III SD NEGERI 11 DANGERAKKO PALOPO

ALFINIDA, YOVITA (2020) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL MIND MAPPING SISWA KELAS III SD NEGERI 11 DANGERAKKO PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
YOVITA ALFINIDA-1601414335.pdf

Download (2MB)

Abstract

YOVITA ALFINIDA, 2020. Pembelajaran menulis puisi melalui model Mind Mapping Siswa Kelas III SD Negeri 11 Dangerakko Palopo (dibimbing oleh Rusdiana Junaid dan Pancana Beta). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan model mind mapping dan konvensional dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas III SD Negeri 11 Dangerakko Palopo serta mendeskripsikan perbedaan yang signifikan antara penerapan model mind mapping dengan konvensional dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas III SD Negeri Palopo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 11 Dangerakko Palopo yang berjumlah 50 siswa, 25 siswa kelas III A dan 25 siswa kelas III B. Teknik pengambil sampel yang digunakan yaitu total sampling. Cara pengambil data dengan teknik test, dokumentasi, dan penilaian data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara analisis deskriptif, dan uji- T. Berdasarkan hasil pencapaian KKM Pretest dan posttest pada kelas eksperimen yaitu kemampuan menulis puisi siswa kelas III SDN 11 Dangerakko Palopo merupakan tes awal yang diberikan kepada siswa sebelum diberikan perlakuan dalam hal ini penerapan model mind mapping siswa kelas III A yang mendapatkan nilai ≥ 70 sebanyak 5 siswa (20%,) dan siswa yang mendapatkan ≤ 70 sebanyak 20 siswa (80%) . Sedangkan posttest siswa kelas III A yang mendapatkan nilai sebanyak ≥ 70 sebanyak 25 siswa (100%). Oleh karena itu, klasifikasikan kemampuan menulis puisi siswa kelas III A setelah penerapan model mind mapping sudah berhasil karena frekuensi nilai siswa mendapatkan nilai ≥ 70 sudah mencapai (100%). Selain itu didukung oleh analisis statistik yang menyatakan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak jika Pvalue > 0,05, artinya tidak ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas control sebaliknya jika H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas control dan hasil analisis menunjukan nilai Pvalue = 0,00 lebih kecil dari dari nilai 0,05 sehinga H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas control. Hasil analisis tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai menulis puisi yang menggunakan model mind mapping kelas eksperimen dengan nilai menulis puisi yang menerapkan metode pembelajaran konvensional .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDBETA, Drs. Pancana Beta, M.PdNIDN0010016205
Uncontrolled Keywords: Menulis Puisi, Model Mind Mapping.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 14 Jul 2021 07:46
Last Modified: 14 Jul 2021 07:46
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item View Item