PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE SISWA KELAS I A SDN 23 BATARA KOTA PALOPO

SUSANTI, INGGAR (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE SISWA KELAS I A SDN 23 BATARA KOTA PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
INGGAR SUSANTI-1601414344.pdf

Download (1MB)

Abstract

Inggar Susanti. 2020. Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Menggunakan Media Puzzle Siswa Kelas I A SDN 23 Batara Kota Palopo (dibimbing oleh Sehe Madeamin dan Pancana Beta) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dengan menggunakan media puzzle. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan secara bersiklus, antara siklus I dan siklus 2 saling berkaitan. Setiap siklus dilakukan selama dua kali pertemuan, subjek yang diambil sebanyak 28 siswa kelas 1A SDN 23 Batara Kota Palopo. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa pencapaian KKM siswa kategori tingkat ketuntasan keterampilan membaca melalui penggunaan media puzzle siswa kelas 1A SDN 23 Batara siklus II, siswa yang memperoleh nilai ≤65 sebanyak 24 siswa (86%) dengan kategori tuntas dan siswa memperoleh nilai ≥65 sebanyak 4 siswa (14%) dengan kategori tidak tuntas atau belum memadai. Dengan demikian, siswa dikatakan tuntas atau memadai apabila dikonfirmasi dengan nilai KKM sekolah mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu siswa dinyatakan tuntas atau mampu apabila mencapai angka 75% yang memperoleh nilai ≥ 65. Sehingga ketuntasan pada siklus II menjadi acuan penulis untuk tidak melanjutkan pada siklus berikutnya. Berdasarkan ketuntasan klasikal (persentase ketuntasan kelas) pada siklus II sebesar 84%, berarti pada siklus II ini sudah memenuhi kriteria ketuntasan kelas yang sudah ditentukan yaitu ≥65. Pelaksanaan siklus I ketuntasan siswa sebanyak (46%) dengan kategori tuntas dan meningkat pada siklus II ketuntasan siswa sebanyak (80%) dengan kategori tuntas, nilai rata-rata siswa siklus I 64,07 meningkat menjadi 79,14. Gambaran hasil belajar siswa selama pelaksanaan pembelajaran, peningkatan keterampilan membaca melalui penggunakan media puzzle siswa kelas 1 A SDN 23 Batara, pada siklus II telah berhasil maka penulis tidak melanjutkan pada siklus berikutnya. Dengan demikian dapat ditarik simpulan bahwa penggunaan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 A di SDN 23 Batara Kota Palopo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMADEAMIN, Dr. H. Sehe Madeamin, M.PdNIDN0001016505
UNSPECIFIEDBETA, Drs. Pancana Beta, M.PdNIDN0010016205
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca, media puzzle
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 14 Jul 2021 07:16
Last Modified: 14 Jul 2021 07:16
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item View Item