PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 14 TEMALULLU KOTA PALOPO

YUNITA, YUNITA (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 14 TEMALULLU KOTA PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
YUNITA-1601414234.pdf

Download (1MB)

Abstract

Yunita. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Aktivitas Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V Sd Negeri 14 Temalullu Kota Palopo. (dibimbing oleh Ibu Sri Damayanti dan Ibu Juwita Crestiani). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas membaca siswa pada pembelajaran bahasa indonesia di kelas v sd negeri 14 temalullu kota palopo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 17 siswa dan objek penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas membaca siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan MC. Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bacaan, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. hasil analisis kualitatif dan pembahasan terhadap data yang dikumpulkan melalui penelitian pada kelas V SD Negeri 14 Temalullu kota Palopo dengan menganalisis berbagai kemungkinan yang ada, akhirnya di ambil satu alternatif yaitu pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Bermain Peran (role playing) menjadikan membaca siswa menjadi secara aktif dan mendapatkan aktivitas kembali dari proses pembelajaran sehingga belajar lebih bermakna. Hal itu dikarenakan pada pembelajaran tersebut, guru hanya menggunakan metode ceramah. Sehingga aktivitas membaca siswa tidak terlihat aktif, yang pada akhirnya berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Setelah di terapkan Metode role palying dapat meningkatkan aktivitas membaca siswa. Peningkatan tejadi dalam segi proses dan hasil. Peningkatan proses dapat dilihat dari hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa siswa terlihat lebih aktif bertanya dan merasa senang bermain peran dalam aktivitas membaca sehingga hasil aktivitas membaca siswa kelas V menjadi lebih baik. . Peningkatan hasil Aktivitas Membaca pada kondisi awal sebesar 63,05 (cukup), menjadi 69,94 (cukup) pada siklus I dan siklus II menjadi 76,82 (baik). Sebesar 94,11% siswa mencapai nilai≥70. Dengan demikian, dalam proses pembelajaran guru hendaknya menggunakan model pembelajaran Bermain Peran (role playing), karena selain mampu meningkatkan aktivitas membaca menjadi lebih optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDAMAYANTI, Sri Damayanti S, S.s., M. HumNIDN0016037902
UNSPECIFIEDCRESTIANI, Juwita Crestiani, S.Pd., M.PdNIDN0920128503
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran bermain peran (role playing)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 14 Jul 2021 07:10
Last Modified: 14 Jul 2021 07:10
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item