PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUIMODEL PEMBELAJARAN TIME TOKENSISWAKELAS V SDN 02 PINCEPPUTE KOTA PALOPO

SETIA, RINA AHMAD (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUIMODEL PEMBELAJARAN TIME TOKENSISWAKELAS V SDN 02 PINCEPPUTE KOTA PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
RINA_AHMAD_SETIA_1601414046_PGSD16docx.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rina Ahmad Setia.2020.Peningakatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Pembelajaran Time Token Siswa Kelas V SDN 02 Pinceppute Kota Palopo. (Dibimbing Oleh Sri Damayanti dan Reski Pilu). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa PKn melalui penerapan model pembelajaran Time Token. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Pinceppute Kota Palopo yang berjumlah 19 orang. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dengan tahapan masing-masing siklus adalah: (1). Tahapan perencanaan tindakan kelas, (2) Tahapan pelaksanaan tindakan, (3), Tahapan observasi (4),Tahapan refleksi. Siklus dan II masing-masing dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitia menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar PKn dengan menggunkan model pembelajaran Time Token, pada siklus I hasil belajar yang siswa peroleh pada nilai 80-100 sebanyak 6 orang dengan persentasenya adalah 32%, siswa yang memperoleh nilai 70-79 sebanyak 4 orang dengan persentasenya 21%, dan siswa yang memperoleh nilai 60-69 sebanyak 9 orang dengan peresentasenya 47%. Siklus II siswa yang memperoleh nilai 80-100 sebanyak 14 orang dengan persentasenya 74%, siswa yang memperoleh nilai 70- 79 sebanyak 3 orng dengan persentasenya 15% dan siswa yang memperoleh nilai 60-69 sebanyak 2 siswa dengan persentasenya 11%. Hal ini menunjukan peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.Setelah diterapkanya model pembelajaran Time Token. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa PKn pada kelas V SD Negeri 02 Pinceppute Kota Palopo pada tahun ajaran 2020/2021

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDAMAYANTI, Sri Damayanti S, S.s., M. HumNIDN0016037902
UNSPECIFIEDPILU, Reski Pilu, S.Pd., M.PdNIDN0911118603
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Time Token, Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 14 Jul 2021 06:57
Last Modified: 14 Jul 2021 06:57
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item