PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN 53 SAWERIGADING PALOPO

HAGRIMIATI, HAGRIMIATI (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN 53 SAWERIGADING PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
HAGRIMIATI-1601414392.pdf

Download (2MB)

Abstract

HAGRIMIATI.2020. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menggunakan metode role playing pada siswa kelas V SDN 53 Sawerigading Palopo (dibimbing oleh Sry Damayanti dan Rosmalah Yanti). Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan metoderole playing yang efektif dan efesien dalam upaya peningkatan hasil belajar IPS pada siswa SDN 53 Sawerigading Palopo.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan metode Suharsimi Arikunto yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 53 Saweigading Palopo terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi.Instrumen penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi.Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 53 Sawerigading Palopo. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteri Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM siklus I sebesar 36% dan akhir siklus II 96%, sedangkan nilai rata-rata tes hasil belajar siklus I 62,6 dan akhir siklus II 77,4. Berdasarkan hasil pelampiran maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS dengan menggunkan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN 53 Sawerigading Palopo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDAMAYANTI, Sri Damayanti S, S.s., M. HumNIDN0016037902
UNSPECIFIEDYANTI, Rosmalah Yanti, S,Pd., M.PdNIDN0910128803
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPS, role playing.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 14 Jul 2021 06:47
Last Modified: 14 Jul 2021 06:47
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item View Item