PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 36 SEPPONG

MASSE, ADE KUSUMAH (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 36 SEPPONG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
ADE KUSUMAH MASSE (1601414061).pdf

Download (2MB)

Abstract

Ade Kusumah Masse. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 36 Seppong (dibimbing oleh Sri Damayanti dan Reski Pilu). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran Role Playing siswa kelas V SD Negeri 36 Seppong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Masing-masing siklus I dan II dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 36 Seppong tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 27 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode observasi dan tes. Data yang di peroleh dianalisis dengan statistika deskritif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketuntasan siklus II bermain drama dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing siswa kelas V SD Negeri 36 Seppong siklus II sebesar 92,5% atau 25 dari 27 siswa masuk dalam katagori tuntas dan 7,4% atau 2 dari 27 siswa masuk dalam katagori tidak tuntas. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa tingkat hasil pencapaian KKM siklus II bermain drama dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing telah berhasil atau terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia bermain drama dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing siswa kelas V SD Negeri 36 Seppong yang disesuaikan KKM sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDAMAYANTI, Sri Damayanti S, S.s., M. HumNIDN0016037902
UNSPECIFIEDPILU, Reski Pilu, S.Pd., M.PdNIDN0911118603
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, bermain drama, role playing
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 14 Jul 2021 06:52
Last Modified: 14 Jul 2021 06:52
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item