PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 7 PONJALAE

RAHMAWATI, ANTI (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 7 PONJALAE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
ANTI RAHMAWATI-1601414083.pdf

Download (3MB)

Abstract

ANTI RAHMAWATI, 2020. Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 7 Ponjalae Kecamatan Wara Kota Palopo (dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Rosmalah Yanti). Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SDN 7 Ponjalae Kecamatan Wara Kota Palopo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian yang digunakan yaitu Kurt Lewin dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 7 Ponjalae Kecamatan Wara Kota Palopo yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes dan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan siswa ditandai dengan meningkatnya keaktifan dan hasil belajar dengan ketuntasan siswa mencapai 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran IPA kelas V SDN 7 Ponjalae. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat dilihat hasil meningkat dari siklus I ke siklus II. pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa 72 atau 50% dan meningkat pada siklus II menjadi 84,72 atau 86% siswa tuntas. Pada keaktifan belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 50% dan meningkat pada siklus II menjadi 80 %. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 7 Ponjalae Kecamatan Wara Kota Palopo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDYANTI, Rosmalah Yanti, S,Pd., M.PdNIDN0910128803
Uncontrolled Keywords: Keaktifan belajar dan Hasil Belajar, Think Pair Share (TPS).
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 14 Jul 2021 04:59
Last Modified: 14 Jul 2021 04:59
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item View Item