PENINGKATAN SIKAP KEDISIPLINAN PEMBELAJARAN PKN MENGGUNAKAN MODEL PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 64 TO’ BULUNG KECAMATAN BARA KOTA PALOPO

WIDYASTUTI, WINDI (2020) PENINGKATAN SIKAP KEDISIPLINAN PEMBELAJARAN PKN MENGGUNAKAN MODEL PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 64 TO’ BULUNG KECAMATAN BARA KOTA PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
WINDI WIDYASTUTI-1601414210.pdf

Download (2MB)

Abstract

Windi Widyastuti. 2020. Peningkatan Sikap Kedisiplinan Pembelajaran Pkn menggunakan Model Paradigma Pedagogi Reflektif Siswa Kelas IV SD Negeri 64 To’ Bulung (dibimbing oleh Sehe Madeamin dan Jusrianto). Penelitian ini bertujuan untuk: Meningkatkan sikap kedisiplinan pada mata pelajaran PKn dengan model pembelajaran paradigma pedagogi reflektif bagi siswa kelas IV SD Negeri 64 To’ Bulung. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 64 To’ Bulung tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kedisiplinan siswa meningkat dengan menggunakan model paradigma pedagogi reflektif. Peningkatan sikap kedisiplinan siswa pada kondisi awal dengan persentase yang didapatkan peneliti adalah 64% (rendah), capaian siklus I rata-rata nilai sikap kedisiplinan adalah 81,3 dengan persentase jumlah siswa yang sikap kedisiplinannya cukup adalah 93,33% (sangat tinggi). Sedangkan capaian siklus II dengan rata-rata nilai 91,53, yang persentase jumlah siswa dengan sikap kedisiplinan cukup 100% (sangat tinggi). Berdasarkan persentase pada Siklus II dapat disimpulkan bahwa sikap kedisiplinan pada mata pelajaran PKn dengan model pembelajaran paradigma pedagogi reflektif bagi siswa kelas IV SD Negeri 64 To’ Bulung meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMADEAMIN, Dr. H. Sehe Madeamin, M.PdNIDN0001016505
UNSPECIFIEDJUSRIANTO, Jusrianto, S.Pd., M.PdNIDN0914128802
Uncontrolled Keywords: sikap, kedisiplinan, paradigma pedagogi reflektif
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 14 Jul 2021 04:52
Last Modified: 14 Jul 2021 04:52
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item