PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SDN 02 PINCEPPUTE KOTA PALOPO

INTAN, INTAN (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SDN 02 PINCEPPUTE KOTA PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
INTAN-1601414024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Intan.2020.PenerapanModel Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV SDN 02 Pinceppute Kota Palopo (dibimbing oleh Rusdiana Junaid dan Ardhy Supraba) Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di laksanakan di SDN 02 Pinceppute yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran Talking Stick kelas IV SDN 02 Pinceppute. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar obsevasi guru dalam keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi keaktifan siswa selama proses pembelajaran untuk mengukur keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif (nilai masing-masing siswa pada setiap akhir siklus dijumlahkan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Talking Stick dari siklus I nilai rata- rata yang diperoleh siswa yaitu 57,9% dengan presentase 47,6% yang berada pada kategori (cukup aktif),kemudian meningkat pada siklus II sebesar 85,7% yang berada pada kategori (sangat aktif).Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Talking Stick pada siklus II telah berhasil dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 02 Pinceppute Kota Palopo.Hal ini dibuktikan dengan presentase keaktifan belajar siswa melalui indikator keberhasilan telah mencapai angka diatas 75%.Hasil tersebut memperlihatkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas IV SDN 02 Pinceppute Kota Palopo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDSUPRABA, Ardhy Supraba S.Pd.,M.HumNIDN0920089001
Uncontrolled Keywords: pembelajaran PKn, model pembelajaran Talking Stick.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 14 Jul 2021 04:08
Last Modified: 14 Jul 2021 04:08
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item