PENERAPAN REWARD GIVING PADA MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4 SDN 15 SALOLO

WIRANATA, I GEDE PANDE (2020) PENERAPAN REWARD GIVING PADA MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4 SDN 15 SALOLO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
I GEDE PANDE WIRANATA, 1601414134, PGSD.pdf

Download (2MB)

Abstract

I Gede Pande Wiranata. 2020. Penerapan Reward Giving pada Model Pembelajaran Inquiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 SDN 15 Salolo (dibimbing oleh Ma‟rufi dan Andi Kilawati). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas, respon dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN 15 Salolo, dalam mengikuti pemebelajaran di kelas dengan penerapan reward giving pada model pembelajaran inquiri, dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan subjek penelitian siswa kelas 4 SDN 15 Salolo tahun ajaran 2019/2020 semester II. Penelitian ini dilakukan secara bersiklus yang dimana siklus I dan siklus berikutnya berkaitan, dengan jumlah pertemuan tiap siklusnya empat kali dalam satu siklus. Gambaran umum yang dilaksanakan ialah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setelah dilakukan tindakan selama dua siklus, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada tindakan pra- siklus dari 22 siswa sebanyak 5 siswa telah tuntas dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebanyak 23% dengan nilai rata-rata secara klasikal 55,45. Siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 11 siswa dengan nilai persentase klasikal 50% dan rata-rata secara kalsikal 67,05. Siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 19 siswa dengan persentase secara klasikal 86% dan nilai rata-rata secara klasikal 74,55. Aktifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran siklus I ke siklus II menunjukkan peningkatan dengan persentase secara klasikal yaitu dari 75% ke 95%. Dan respon siswa dalam pembelajaran secara klasikal yaitu 3,70 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDKILAWATI, Andi Kilawati, S.Pd., M.Pd,NIDN0902079002
Uncontrolled Keywords: Reward giving, inquiri, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 14 Jul 2021 04:01
Last Modified: 14 Jul 2021 04:01
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item