PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA KONSEP MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS IV SD NEGERI 011 RANTE PASANG

YANTI, LORENSIA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA KONSEP MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS IV SD NEGERI 011 RANTE PASANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
LORENSIA YANTI-1601414096.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lorensia Yanti. 2020. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar IPA pada konsep materi siklus makhluk hidup siswa kelas IV SD Negeri 011 Rante Pasang (dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Nurasia). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar IPA pada konsep materi siklus makhluk hidup siswa kelas IV SD Negeri 011 Rante Pasang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian ini adalah Quasi eksperimen dan bentuk desainnya Non Equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik. Non probability sampling yang meliputi jenis sampling jenuh. Data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan tes objektif pilihan ganda dan essay. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini diketahui dari hasil dari hasil analisis hipotesis dengan uji t, thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel (thitung 3,039 > ttabel 2,024), dengan perhitungan rata-rata skor hasil belajar IPA kelas eksperimen adalah 80,25 lebih besar dari rata-rata skor hasil belajar IPA kelas kontrol yaitu 67,20. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada konsep materi siklus makhluk hidup siswa kelas IV SD Negeri 011 Rante Pasang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDNURASIA, Nurasia, S.Pd., M. Pd.NIDN0909098901
Uncontrolled Keywords: model two stay two stray, hasil belajar IPA
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 14 Jul 2021 03:55
Last Modified: 14 Jul 2021 03:55
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item