PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS IV SDN 313 KALIBA KECAMATAN WALENRANG KABUPATEN LUWU

ERE, PUTRI (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS IV SDN 313 KALIBA KECAMATAN WALENRANG KABUPATEN LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
PUTRI ERE - (1601414416).pdf

Download (3MB)

Abstract

Futri Ere, 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Media Audio Visual Siswa Kelas IV SDN 313 Kaliba Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Cokroaminoto Palopo (dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Pancana Beta). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA melalui Media Audio Visual siswa kelas IV SDN 313 Kaliba Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu masih rendah, terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 70. Hal ini dikarenakan belum sepenuhnya melaksanakan pembelajaran aktif, kreatif dalam melibatkan siswa, sehingga proses belajar mengajar belum optimal. Sehingga perlu adanya gaya belajar yang diubah menjadi Media Audio Visual yang berbasis pengalaman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Gaya kelas IV SDN 313 Kaliba Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan yang hendak dicapai penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPA materi Gaya kelas IV SDN 313 Kaliba Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu tahun pelajaran 2019/2020 Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 313 Kaliba Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu yang berjumlah 14 siswa meliputi 7 siswa laki-laki dan 7 siswa perempun. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes pilihan ganda. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila 70% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDBETA, Drs. Pancana Beta, M.PdNIDN0010016205
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Media Audio Visual, gaya
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 14 Jul 2021 03:48
Last Modified: 14 Jul 2021 03:48
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/505

Actions (login required)

View Item View Item