PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL SCAMBLE SISWA KELAS IVA SD NEGERI 11 DANGERAKKO KOTA PALOPO

DESLA, MIHELNI NOVITA (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL SCAMBLE SISWA KELAS IVA SD NEGERI 11 DANGERAKKO KOTA PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
MIHELNI NOVITA DESLA-1601414005.pdf

Download (3MB)

Abstract

MIHELNI NOVITA DESLA. 2020. Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Model Scramble Siswa Kelas IVA SD Negeri II Daangerakko Kota Palopo. Dibimbing oleh Rusdiana Junaid dan Pancana Beta. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami bacaan siswa kelas IVA SD Negeri 11 Dangerakko mengunakan Model Sramble. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Suharsimi Arikonto yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SD Negeri 11 Dangerakko terdiri dari 16 laki-laki dan 4 perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif dan observasi. Tes objektif digunakan untuk mengukur kemampuan memahami bacaan sedangkan lembar observsi bertujuan mengamati aktivitas siswa. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Sramble dapat meningkatkan kemampuan memahami bacaan siswa kelas IVA SD Negeri11 Dangerakko. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pratindakan sebesar ≥70 ini dapat dilihat bahwa pada siklus 1 penelitian ini hanya terdapat 6 orang (30%) dari 20 yang tuntas. Sedangakan pada siklus 11 meningkat menjadi 17 atau 85% ini menujukan peningkatan sebesar 15%. Berdasarkan pelampiran hasil, maka dapat disimpulka bahwa kemampuan memahami bacaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa kelas IVA SD Negeri 11 Dangerakko menggunakan model sramble

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDBETA, Drs. Pancana Beta, M.PdNIDN0010016205
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Memahami Bacaan, Model Scramble
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 14 Jul 2021 03:25
Last Modified: 14 Jul 2021 03:25
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item