Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Media Aplikasi Geogebra Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Siswa

Agung, Shandy and Ma’rufi, Ma’rufi and Ilyas, Muhammad (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Media Aplikasi Geogebra Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Siswa. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7 (2). pp. 194-210. ISSN 2354-6883

[img] Text (JURNAL)
ARTIKEL- Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Media Aplikasi Geogebra Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Ski.pdf - Published Version

Download (539kB)
[img] Text (Similarity Check)
17. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (MaPan Desember 2019).pdf

Download (4MB)
[img] Text (Peer Review)
6 Peerreview drmuhilyas.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a3

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis media aplikasi geogebra pada materi geometri untuk meningkatkan HOTS siswa yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Luwu, sebanyak 30 siswa (kelas VIII A) pada uji lapangan awal dan 61 siswa (VIII E dan VIII F) pada uji lapangan utama. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Prosedur penelitian ini terdiri atas 7 langkah, yaitu: (1) penelitian awal dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) mengembangkan format awal produk; (4) uji lapangan awal atau uji coba terbatas; (5) merevisi produk utama; (6) melakukan uji lapangan utama; (7) diseminasi dan implementasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: (1) lembar validasi perangkat pembelajaran; (2) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; (3) lembar observasi aktivitas siswa; (4) angket respon siswa; dan (5) tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berbasis media aplikasi geogebra pada materi geometri untuk meningkatkan kemampuan HOTS siswa memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media, Geogebra, Higher Order Thinking Skills, Geometri
Subjects: Penelitian dan Pengabdian Masyarakat > Jurnal
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat > Jurnal Nasional
Program Pasca Sarjana S2 Pendidikan Matematika > S2 Pendidikan Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Studi S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Syafriadi Uncp
Date Deposited: 09 May 2020 16:21
Last Modified: 22 Feb 2021 17:46
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/5

Actions (login required)

View Item View Item