PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS II SDN 23 BATARA

SAWITRI, GEDE YANTI (2020) PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS II SDN 23 BATARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
GEDE YANTI SAWITRI 1601414220.pdf

Download (2MB)

Abstract

Gede Yanti Sawitri, 2020. Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung melalui metode Suktural Analitik Sintetik (SAS) dengan teknik pembelajaran picture and picture siswa kelas II.a SDN 23 Batara kota Palopo.(dibimbing oleh Bapak Muhammad Ilyas dan Ibu Erni). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 23 Batara kota Palopo yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung melalui metode SAS dengan teknik pembelajaran picture and picture pada siswa kelas II.a SDN 23 Batara kota Palopo. Subjek penelitian adalah siswa kelas II.a SDN 23 Batara kota Palopo dengan jumlah siswa 29 orang siswa semester genap tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan tes.Dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian tersebut benar-benar dilaksanakan. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan proses pembelajaran menulis tegak bersambung melalui metode Suktural Analitik Sintetik (SAS) dengan teknik pembelajaran picture and picture. Tes digunakan untuk mengetahui keterampilan menulis tegak bersambung siswa.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara kualitatif dan analisis data secara kuantitatif. Data yang terkumpul kemudian dikategorikan kedalam kategori kurang baik menjadi kategori sangan baik dan Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) yang digunakan di SDN 23 Batara kota Palopo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran melalui metode Suktural Analitik Sintetik (SAS) dengan teknik pembelajaran picture and picturepada siswa kelas II.a SDN 23 Batara kota Palopo mengalami peningkatan.Dimana Siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 58,53 yang masih kategori (kurang baik) dengan persentase ketuntasan 24,13 % dan mengalami peningakatan di siklus II yaitu memperoleh nilai rata-rata 77,99 kategori (baik). Jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM pada siklus II yaitu 23 orang siswa dengan persentase ketuntasan 79%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDERNI, Erni, S.Pd. SD. M.PdNIDN0911118108
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis tegak bersambung, metode Suktural Analitik (SAS) dengan teknik pembelajaran picture and picture.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 13 Jul 2021 07:43
Last Modified: 13 Jul 2021 07:43
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item