PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS V SDN 28 MANCANI KOTA PALOPO

YUSHALINA, YUSHALINA (2020) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS V SDN 28 MANCANI KOTA PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
YUSHALINA -1601414107.pdf

Download (1MB)

Abstract

Yushalina, 2020. Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Teks Eksplanasi Siswa Kelas V SDN 28 Mancani Kota Palopo (dibimbing Sehe Madeamin dan Erni). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 28 Mancani Kota Palopo. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 28 Mancani Kota Palopo dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan secara langsung dalam proses pembelajaran menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dikategorikan kedalam kategori sedang ke kategori tinggi dan Kriteria Ketuntasan Minimal 75, (KKM) yang digunakan di SDN 28 Mancani Kota Palopo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Demonstrasi pada siswa kelas V SDN 28 Mancani Kota Palopo mengalami peningkatan yang signifikan. Pada siklus I ada 13 siswa (62%) memperoleh nilai interval 65-79 termasuk kategori (sedang), 8 orang siswa (38%) memperoleh nilai pada interval 0-54 (sangat rendah) jadi nilai rata-rata pada siklus I adalah 67 dan termasuk kategori (sedang). Dan siklus II ada 7 orang siswa (33%), memperoleh nilai interval 90-100 (kategori sangat tinggi), 11 orang siswa (52%), memperoleh nilai inetrval 80-89 (kategori tinggi) 3 orang siswa (15%), memperoleh nilai interval 65-79 (sedang). Jadi 18 orang siswa dikatakan tuntas dan telah memenuhi KKM, dan mengalami peningkatan dan nilai rata-rata siklus II adalah 85 termasuk kategori (tinggi). Minimum KKM pada pelajaran bahasa Indonesia di SDN 28 Mancani Kota Palopo yaitu 75. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan berbicara melalui teks eksplanasi dapat di andalkan sebagai metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMADEAMIN, Dr. H. Sehe Madeamin, M.PdNIDN0001016505
UNSPECIFIEDERNI, Erni, S.Pd. SD. M.PdNIDN0911118108
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi, kemampuan berbicara, teks eksplanasi.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 13 Jul 2021 07:06
Last Modified: 13 Jul 2021 07:06
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item View Item