PENERAPAN METODE SAS (STURUKTURAL ANALITIK SINTETIK) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF (FLASH CARD) PADA SISWA KELAS I SDN 379 POMPENGAN KECAMATANLAMASI TIMUR KABUPATEN LUWU

MINCE, MINCE (2020) PENERAPAN METODE SAS (STURUKTURAL ANALITIK SINTETIK) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF (FLASH CARD) PADA SISWA KELAS I SDN 379 POMPENGAN KECAMATANLAMASI TIMUR KABUPATEN LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
MINCE-1601414036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mince, 2020. Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetis) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Huruf pada Siswa Kelas I SDN 379 Pompengan Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu (dibimbing oleh Sehe Madeamin dan Erni). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 379 Pompengan yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar membaca permulaan melalui metode SAS menggunakan media kartu huruf pada siswa kelas I SDN 379 Pompengan. Subjek penelitian adalah siswa kelas I yang berjumlah 31 siswa tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi, untuk tes hasil belajar menggunakan tes tertulis berbentuk isian dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif (nilai masing-masing siswa pada setiap akhir siklus dijumlahkan) dan kualitatif (mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator pelaksanaan pembelajaran dari siklus I sebesar 66,78%, meningkat pada siklus II sebesar 82,22% dan masuk kategori sangat baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 65,63%, meningkat pada siklus II sebesar 79,16% dan masuk kategori aktif. Untuk hasil tes belajar siswa pada siklus I sebesar 61%, meningkat pada siklus II sebesar 87%. Demikian dapat dikatakan bahwa siswa kelas I SDN 379 Pompengan telah berhasil dalam peningkatan hasil belajar membaca permulaan melalui metode SAS dan penggunaan media kartu huruf pada siklus II. Apabila dikonfirmasikan dengan nilai KKM sekolah pada mata pelajaran bahasa Indonesia, siswa dinyatakan berhasil apabila mencapai angka 80% yang memperoleh nilai 67 ke atas. Hasil tersebut memperlihatkan bahwa dengan penerapan metode SAS dan penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan hasil belajar membaca permulaan siswa kelas I SDN 379 Pompengan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMADEAMIN, Dr. H. Sehe Madeamin, M.PdNIDN0001016505
UNSPECIFIEDERNI, Erni, S.Pd. SD. M.PdNIDN0911118108
Uncontrolled Keywords: membaca permulaan, metode SAS, media kartu huruf
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 13 Jul 2021 07:01
Last Modified: 13 Jul 2021 07:01
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item View Item