PENGARUH SIKAP PROFESIONAL DAN PERSEPSI GURU TENTANG KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI TERHADAP KINERJA GURU MATEMATIKA SMA NEGERI DI KABUPATEN LUWU UTARA

SAFRUDDIN, SAFRUDDIN (2019) PENGARUH SIKAP PROFESIONAL DAN PERSEPSI GURU TENTANG KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI TERHADAP KINERJA GURU MATEMATIKA SMA NEGERI DI KABUPATEN LUWU UTARA. Masters thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
SAFRUDDIN-17015413009.pdf

Download (2MB)

Abstract

SAFRUDDIN. 2019, Pengaruh Sikap Profesional dan Persepsi Guru Tentang Kegiatan Pengembangan Diri terhadap Kinerja Guru Matematika SMA Negeri di Kabupaten Luwu Utara (Dibimbing oleh Suaedi dan Muh. Ilyas) Penelitian ini merupakan jenisn penelitian ex-post fakto yang bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran sikap profesional guru matematika, (2) gambaran persepsi guru tentang kegiatan pengembangan diri guru matematika, (3) mengetahui gambaran hasil penilaian kinerja guru matematika yang dilakukan oleh masing-masing kepala sekolah, (4) hubungan sikap profesional dan persepsi guru tentang kegiatan pengembangan diri guru matematika, (5) mengetahui pengaruh sikap profesional terhadap kinerja guru matematika dan (6) mengetahui pengaruh sikap profesional dan persepsi guru tentang kegiatan pengembangan diri terhadap kinerja guru matematika SMA Negeri di SMA Negeri di Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri di Kabupaten Luwu Utara pada bulan Februari 2019 sampai dengan Maret 2019 dengan obyek penelitian adalah guru-guru matematika yang PNS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menunjukkan hubungan yang bersifat sebab akibat. Populasi penelitian ini sebanyak 30 orang dan sampel sebanyak 30 orang sebagai responden, yang dikenal dengan sampel populasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan presentase dan untuk analisis statistik inferensial menggunakan uji normalitas data, uji linearitas dan serta analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh sikap profesional dan persepsi guru tentang kegiatan pengembangan diri secara simultan berada dalam kategori sedang sebesar 40 %, sedangkan penilaian kinerja guru oleh kepala sekolah berada dalam kategori sedang. Pengaruh sikap profesional dan persepsi guru tentang kegiatan pengembangan diri berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru. Sikap profesional dan persepsi guru tentang kegiatan pengembangan diri berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSUAEDI, Dr. Suaedi, S.Pd., M.Si.NIDN0031126903
UNSPECIFIEDILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M.PdNIDN0021076502
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru, Sikap Profesoinal, Kegiatan Pengembangan Diri, Kinerja
Subjects: Program Pasca Sarjana S2 Pendidikan Matematika > S2 Pendidikan Matematika
Tugas Akhir
Tugas Akhir > Tesis
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Studi S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 13 Jul 2021 06:31
Last Modified: 13 Jul 2021 06:31
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item