KEMAMPUAN PENALARAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN HIPPOCRATES DAN GENDER SISWA KELAS XI UPT SMAN 5 ENREKANG

SARDIA, SARDIA (2020) KEMAMPUAN PENALARAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN HIPPOCRATES DAN GENDER SISWA KELAS XI UPT SMAN 5 ENREKANG. Masters thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
Tesis Sardia - 1801513014.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sardia, 2020. Kemampuan Penalaran dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Tipe Kepribadian Hippocrates dan Gender Siswa Kelas XI UPT SMAN 5 Enrekang (dibimbing oleh Ma’rufi dan Muhammad Ilyas). Penalaran, tipe kepribadian, dan gender merupakan topik-topik menarik dalam penelitian pendidikan. Beberapa penelitian yang sudah ada hanya mengkaji satu topik atau kombinasi dari dua topik tersebut. Hal ini memberikan peluang pada peneliti untuk membahas penalaran kepribadian dan gender secara bersama- sama. Kajian secara simultan dari ketiga topik tersebut menjadi masalah dalam penelitian. Penalaran matematika penting bagi siswa karena berkaitan dengan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran berdasarkan tipe kepribadian Hippocrates dan Gender. Tipe kepribadian menurut Hippocrates terdiri atas sanguinis, koleris, melankolis, dan plegmatis. Melalui pendekatan kualitatif dideskripsikan kemampuan penalaran masing-masing tipe kepribadian. Hasil penelitian: sanguinis laki-laki; mengumpulkan fakta secara lengkap, tidak sempurna dalam mengajukan asumsi, melakukan manipulasi matematika secara jelas dan terurut, memeriksa kesahihan asumsi dengan pengecekan maju, tidak mampu membangun argumen, membuat kesimpulan disertai alasan. sanguinis perempuan; mengumpulkan fakta secara lengkap, tidak sempurna dalam mengajukan asumsi, melakukan manipulasi matematika secara jelas dan terurut, memeriksa kesahihan asumsi dengan pengecekan langkah demi langkah, tidak mampu membangun argumen, membuat kesimpulan disertai alasan. Koleris Laki- laki; tidak lengkap dalam mengumpulkan fakta, tidak sempurna dalam mengajukan asumsi, melakukan manipulasi matematika secara singkat dan tidak terurut, memeriksa kesahihan asumsi dengan mengecek langkah demi langkah, tidak mampu membangun argumen, membuat kesimpulan disertai alasan. Koleris Perempuan; mengumpulkan fakta secara lengkap, sempurna dalam mengajukan asumsi, melakukan manipulasi matematika secara lengkap, memeriksa kesahihan asumsi dengan pengecekan langkah demi langkah, mampu membangun argumen, membuat kesimpulan disertai alasan. melankolis laki-laki; mengumpulkan fakta secara lengkap, tidak sempurna dalam mengasumsi, melakukan manipulasi matematika secara jelas dan teruurut, memeriksa kesahihan asumsi dengan memeriksa langkah demi langkah, tidak mampu membangun argumen, membuat kesimpulan disertai alasan. melankolis perempuan; mengumpulkan fakta secara lengkap, tidak sempurna dalam mengasumsi, melakukan manipulasi matematika secara jelas, memeriksa kesahihan asumsi dengan pengecekan langkah demi langkah, tidak memiliki cara alternatif, mampu membuat kesimpulan disertai alasan. plegmatis laki-laki; mengumpulkan fakta secara lengkap, sempurna dalam mengajukan asumsi, melakukan manipulasi matematika secara terperinci dan terurut, memeriksa kesahihan asumsi dengan memeriksa langkah demi langkah, tidak mampu membangun argumen, membuat kesimpulan disertai alasan. plegmatis perempuan; mengumpulkan fakta secara lengkap, sempurna dalam mengajukan asumsi, melakukan manipulasi matematika secara jelas, terperinci dan terurut, memeriksa kesahihan asumsi dengan pengecekan langkah demi langkah, tidak memiliki cara alternatif, membuat kesimpulan disertai alasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M.PdNIDN0021076502
Uncontrolled Keywords: Kemampuan penalaran, Masalah Matematika, Kepribadian Hippocrates, Gender.
Subjects: Program Pasca Sarjana S2 Pendidikan Matematika > S2 Pendidikan Matematika
Tugas Akhir
Tugas Akhir > Tesis
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Studi S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 13 Jul 2021 06:25
Last Modified: 13 Jul 2021 06:25
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item View Item