PENGARUH PENDEKATAN STEM BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V MIN PANGKAJENE KEPULAUAN

WINAHYU, WINAHYU (2020) PENGARUH PENDEKATAN STEM BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V MIN PANGKAJENE KEPULAUAN. Masters thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
WINAHYU 1801513011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Winahyu. 2020. Pengaruh Pendekatan STEM Berbasis Etnomatematika Terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa Kelas V MIN Pangkajene Kepulauan (dibimbing oleh Ma’rufi dan Muhammad Ilyas). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM berbasis etnomatematika terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa kelas V MIN Pangkajene Kepulauan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan satuan eksperimen yang dilakukan pada satu kelas V di MIN Pangkajene Kepulauan. Penentuan satuan eksperimen dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pada penelitian ini adalah tes pemahaman konsep, angket minat belajar, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis inferensial dan kriteria pengaruh. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V MIN Pangkajene Kepulauan sebelum pembelajaran dengan pendekatan STEM berbasis etnomatematika berada pada kategori rendah, (2) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V MIN Pangkajene Kepulauan setelah pembelajaran dengan pendekatan STEM berbasis etnomatematika berada pada kategori sangat baik, (3) Minat belajar matematika siswa kelas V MIN Pangkajene Kepulauan sebelum pembelajaran dengan pendekatan STEM berbasis etnomatematika berada pada kategori sedang, (4) Minat belajar matematika siswa kelas V MIN Pangkajene Kepulauan setelah pembelajaran dengan pendekatan STEM berbasis etnomatematika berada pada kategori sangat tinggi, (5) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V MIN Pangkajene Kepulauan setelah pembelajaran dengan pendekatan STEM berbasis etnomatematika, (6) Terdapat perbedaan minat belajar matematika siswa kelas V MIN Pangkajene Kepulauan sebelum dan setelah pembelajaran dengan pendekatan STEM berbasis etnomatematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M.PdNIDN0021076502
Uncontrolled Keywords: STEM, etnomatematika, pemahaman konsep, minat belajar
Subjects: Tugas Akhir
Tugas Akhir > Tesis
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Studi S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 13 Jul 2021 06:18
Last Modified: 13 Jul 2021 06:18
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item