PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GOOGLE SUITE FOR EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN KOLABORATIF DAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VI SD YPS SINGKOLE

TALIB, ABI (2020) PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GOOGLE SUITE FOR EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN KOLABORATIF DAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VI SD YPS SINGKOLE. Masters thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
Abi Talib (1801513009).pdf

Download (8MB)

Abstract

Abi Talib. 2020. Pembelajaran Matematika Berbasis Google Suite for Education untuk Meningkatkan Kecakapan Kolaboratif dan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VI SD YPS Singkole (dibimbing oleh Suaedi dan Muhammad Ilyas). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran matematika berbasis google suite for education dapat meningkatkan kecakapan kolaboratif dan berpikir kreatif siswa kelas VI SD YPS Singkole. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan satuan eksperimen yang dipilih berjumlah 30 siswa kelas VI di SD YPS Singkole. Penentuan satuan eksperimen dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa, lembar observasi kecakapan kolaboratif, dan tes kecakapan berpikir kreatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini adalah: (1) Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika berbasis google suite for education berada pada kategori aktif dengan skor rata-rata 4,32. (2) Keterlaksanaan pembelajaran matematika berbasis google suite for education berada pada kategori terlaksana dengan sangat baik dengan skor rata-rata keterlaksanaan sebesar 99,38. (3) Respon siswa terhadap pembelajaran matematika berbasis google suite for education berada pada kategori positif dengan skor rata-rata 3,54. (4) Kemampuan kecakapan kolaboratif siswa kelas VI SD YPS Singkole tahun pelajaran 2020/2021 pada pembelajaran matematika berbasis google suite for education berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 93,28. (5) Kemampuan kecakapan berpikir kreatif siswa kelas VI SD YPS Singkole tahun pelajaran 2020//2021 pada pembelajaran matematika berbasis google suite for education berada pada kategori kreatif dengan nilai rata- rata 70,17. (6) Pembelajaran matematika berbasis google suite for education dapat meningkatkan kecakapan kolaboratif siswa kelas VI SD YPS Singkole tahun pelajaran 2020//2021, dengan skor gain sebesar 0,84 atau berada pada klasifikasi tinggi. (7) Pembelajaran matematika berbasis google suite for education dapat meningkatkan kecakapan berpikir kreatif siswa kelas VI SD YPS Singkole tahun pelajaran 2020//2021, dengan skor gain sebesar 0,56 atau berada pada klasifikasi sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSUAEDI, Dr. Suaedi, S.Pd., M.Si.NIDN0031126903
UNSPECIFIEDILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M.PdNIDN0021076502
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Google Suite for Education, Kecakapan Kolaboratif, Kecakapan Berpikir Kreatif.
Subjects: Program Pasca Sarjana S2 Pendidikan Matematika > S2 Pendidikan Matematika
Tugas Akhir
Tugas Akhir > Tesis
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Studi S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 13 Jul 2021 05:23
Last Modified: 13 Jul 2021 05:23
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item View Item