EFEKTIVITAS LATION ANTI NYAMUK DARI FORMULASI EKSTRAK DAUN CENGKEH (Syizigium aromaticum) DAN DAUN KEMANGI (Ocimum Basilicium)

NURHAYATI, NURHAYATI (2020) EFEKTIVITAS LATION ANTI NYAMUK DARI FORMULASI EKSTRAK DAUN CENGKEH (Syizigium aromaticum) DAN DAUN KEMANGI (Ocimum Basilicium). Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
Nurhayati-1603410011.pdf

Download (1MB)

Abstract

NURHAYATI. 2020. Efektivitas Lotion Anti Nyamuk dari Formulasi Ekstrak Daun Cengkeh (syzigium aromaticum) dan Daun Kemangi (ocimim basilicium) (dibimbing oleh Ilmiati Illing dan Sukarti). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan konsentrasi larutan ekstrak daun cengkeh dan daun kemangi yang efektif sebagai lotion anti nyamuk. Daun cengkeh (syzigium aromaticum) dan daun kemangi (ocimum basilicium) adalah tanaman yang banyak dijumpai di Kabupaten Luwu, yang dapat digunakan sebagai anti nyamuk alami karena mengandung komponen senyawa minyak atsiri yang tidak disukai nyamuk. Metode pada penelitian ini melalui preparasi sampel, maserasi dengan menggunakan ethanol 96%, proses destilasi untuk memisahkan pelarut dengan zat terlarut, pembuatan formulasi lotion menggunakan fase minyak dan fase air dengan konsentrasi sampel yang berbeda, kemudian dilakukan empat tahap pengujian yaitu uji organoleptik, uji pH, uji viskositas, dan uji efektivitas untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan lotion anti nyamuk dari daun cengkeh (Syzigium aromaticum) dan daun kemangi (Ocimum basilicium). Hasil penelitian diperoleh bahwa konsentrasi yang efektif digunakan sebagai lotion anti nyamuk dari ekstrak daun cengkeh (Syzigium aromaticum) dan daun kemangi (Ocimum basilicium) adalah konsentrasi 15 ml dari masing- masing ekstrak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILLING, Ilmiati Illing, S.Si., M.PdNIDN0917078601
UNSPECIFIEDSUKARTI, Sukarti, S.Si., M.SiNIDN0010108703
Uncontrolled Keywords: Cengkeh, Kemangi, Lotion, Minyak Atsiri
Subjects: Fakultas Sains > Kimia
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Sains > Program Studi S1 Kimia
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 13 Jul 2021 04:47
Last Modified: 13 Jul 2021 04:47
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item View Item