ANALISIS KADAR DAN IDENTIFIKASI GUGUS FUNGSI SENYAWA FLAVONOID DARI EKSTRAK KLOROFORM DAUN AKAR BULU (Merremia vitifolia)

YULIANTI, KADEK (2020) ANALISIS KADAR DAN IDENTIFIKASI GUGUS FUNGSI SENYAWA FLAVONOID DARI EKSTRAK KLOROFORM DAUN AKAR BULU (Merremia vitifolia). Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
KADEK YULIANTI 1603410005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kadek Yulianti. 2020. Analisis Kadar dan Identifikasi Gugus Fungsi Senyawa Flavonoid dari Ekstrak Kloroform Daun Akar Bulu (Merremia vitifolia). (dibimbing oleh Ilmiati Illing dan Sukarti). Akar Bulu (Merremia vitifolia) adalah salah satu tumbuhan yang dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan sebagai obat antidiabetes. Salah satu senyawa aktif yang terkandung pada tumbuhan Merremia vitifolia adalah flavonoid. Senyawa Flavonoid pada daun Merremia vitifolia dapat larut dengan baik pada kloroform. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar dan gugus fungsi senyawa flavonoid dari ekstrak kloroform daun akar bulu (Merremia vitifolia). Metode pada penelitian ini melalui preparasi sampel, maserasi dengan menggunakan etanol 96%, proses pengentalan menggunakan rotary evaporator, ekstraksi cair-cair menggunakan kloroform, kemudian uji kadar menggunakan spektrofotometri UV-Vis dengan kuersetin sebagai larutan standar, dan identifikasi gugus fungsi menggunakan FTIR. Hasil penelitian diperoleh kadar flavonoid 0,01375%, dan gugus fungsi yang mengindikasikan senyawa flavonoid adalah O-H, C-H aromatik, C-H alifatik, C=O, C=C aromatik, C-O-C, dan C-O alkohol

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILLING, Ilmiati Illing, S.Si., M.PdNIDN0917078601
UNSPECIFIEDSUKARTI, Sukarti, S.Si., M.SiNIDN0010108703
Uncontrolled Keywords: Ekstrak kloroform, akar bulu, flavonoid
Subjects: Fakultas Sains > Kimia
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Sains > Program Studi S1 Kimia
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 13 Jul 2021 03:30
Last Modified: 13 Jul 2021 03:30
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item View Item