PENERAPAN SISTEM KEAMANAN JARINGAN HOTSPOT MENGGUNAKAN METODE AP ISOLATION DAN ARP STATIC PADA LABORATORIUM FAKULTAS TEKNIK KOMPUTER UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

HASRUL. N, HASRUL. N (2020) PENERAPAN SISTEM KEAMANAN JARINGAN HOTSPOT MENGGUNAKAN METODE AP ISOLATION DAN ARP STATIC PADA LABORATORIUM FAKULTAS TEKNIK KOMPUTER UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
HASRUL_1604411135...pdf

Download (6MB)

Abstract

Hasrul N. 2020. Penerapan Sistem Keamanan Jaringan Hotspot Menggunakan Metode Ap Isolation Dan Arp Static Pada Laboratorium Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo. (dibimbing oleh Syafriadi dan Asri). Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo yang saat ini menyediakan layanan jaringan hotspot gratis bagi setiap mahaiswa Fakultas Komputer. Tujuan penelitian adalah mencegah dampak dari salah satu serangan yang ada pada jaringan komputer yaitu serangan ARP Spoofing yang dapat memutuskan koneksi setiap client yang sedang mengakses internet secara bersamaan melalui jaringan hotspot. Untuk mencegah dampak dari serangan tersebut akan diterapkan sistem keamanan jaringan hotspot dengan mengaktifkan AP Isolation dan ARP Static pada mikrotik agar antar client dan router dapat terlindungi dari serangan yang memanfaatkan kelemahan layer 2 pada protokol TCP/IP tersebut. Adapun software yang digunakan untuk melakukan aktifitas ARP Spoofing yaitu Colasoft Packet Builder 2.0 dan Wireshark untuk memonitoring serta pengambilan data serangan. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Metode pengembangan yang digunakan adalah Network Development Life Cyle (NDLC). Hasil akhir yang dicapai dalam penerapan metode ini yaitu melihat jumlah paket ARP yang diterima sebelum dan setelah penerapan metode konfigurasi. Jumlah paket palsu sebelum penerapan metode pencegahan banyak diterima oleh semua client yang terhubung, hal ini menyebabkan koneksi client tidak stabil dan bahkan mengakibatkan client terputus dalam koneksi internet. Setelah penerapan metode pencegahan, setiap client yang terhubung jumlah paket palsu yang diterima sudah tidak ada lagi sehingga ARP tidak lagi dapat dimanipulasi dan koneksi client dapat tetap stabil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorASRI, Dr.H. Asri, M.PdNIDN0031126403
UNSPECIFIEDSYAFRIADI, Syafriadi, S.Kom., M.KomNIDN0906128204
Uncontrolled Keywords: ARP Spoofing, Ap Isolation, Arp Static, sistem kemanan jaringan,
Subjects: Fakultas Teknik Komputer > Informatika
Fakultas Teknik Komputer > Informatika > Jaringan
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Teknik Komputer > Program Studi S1 Informatika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 03 Jul 2021 03:18
Last Modified: 03 Jul 2021 03:18
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item View Item