ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM MONITORING JARINGAN KOMPUTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 1 WALENRANG MENGGUNAKAN DUDE SERVER

INDRA, INDRA (2020) ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM MONITORING JARINGAN KOMPUTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 1 WALENRANG MENGGUNAKAN DUDE SERVER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
INDRA-1604411205.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indra. 2020. Analisis Dan Perancangan Sistem Monitoring Komputer di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Walenrang Menggunakan Dude Server (dibimbing oleh Syafriadi dan Darmawati). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang sistem monitoring jaringan yang ada disekolah, sehingga dapat digunakan secara efisien khususnya dalam penggunaan waktu pengaksesan internet dan situs-situs yang boleh digunakan pada saat berada di lingkungan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Walenrang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yaitu dengan melakukan pengamatan langsung di lokasi penelitian, metode wawancara yaitu dilakukan untuk mengumpulkan data secara tatap muka langsung dengan salah satu guru yang ada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Walenrang. Hasil dari penelitian ini dengan memblok situs tertentu menggunakan mikrotik RB 750gr3 sehingga penggunaan jaringan yang ada di SMPN 1 Walenrang dapat berjalan secara efektif dan tidak ada keterlambatan dalam mengakses internet karena akses jaringan tidak lagi diakses secara bebas. Dengan diterapkan blok situs tertentu terhadap situs sosial media, maka proses belajar siswa akan berjalan secara efektif dan tidak lagi membuat ketergantungan siswa dalam mengakses internet secara bebas. Tidak hanya memblokir, penulis juga melakukan pembagian waktu akses internet sehingga para siswa dapat mengakses internet pada saat jam belajar dengan sistus yang telah ditentukan untuk digunakan dan akan menggunakan situs yang telah diblokir di jam istirahat. Hal ini akan membuat pengaksesan internet boleh terstruktur dan mengurangi gangguan jaringan karena banyaknya pengguna jaringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSYAFRIADI, Syafriadi, S.Kom., M.KomNIDN0906128204
UNSPECIFIEDDARMAWATI, Darmawati, S.Pd., M.PdNIDN0921018701
Uncontrolled Keywords: Sistem monitoring, blok situs, winbox, mikrotik
Subjects: Fakultas Teknik Komputer > Informatika
Fakultas Teknik Komputer > Informatika > Jaringan
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Teknik Komputer > Program Studi S1 Informatika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 02 Jul 2021 04:31
Last Modified: 02 Jul 2021 04:31
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/403

Actions (login required)

View Item View Item