OPTIMALISASI MANAJEMEN BANDWIDTH BERBASIS MIKROTIK DENGAN METODE QUEUE TREE PADA JARINGAN WIRELESS SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 11 LUWU

RAHMAWATI, TITIK (2020) OPTIMALISASI MANAJEMEN BANDWIDTH BERBASIS MIKROTIK DENGAN METODE QUEUE TREE PADA JARINGAN WIRELESS SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 11 LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
TITIK RAHMAWATI 1604411222.pdf

Download (10MB)

Abstract

Titik Rahmawati. 2020. Optimalisasi Manajemen Bandwidth Berbasis Mikrotik dengan Metode Queue Tree pada Jaringan Wireless Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 11 Luwu (dibimbing oleh Nirsal dan Rahmawati Nasser). Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 11 Luwu beralamat di Karang- karangan, Bua, Kabupaten Luwu. Adapun permasalahan yang ditemukan pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 11 Luwu yaitu belum menerapkan pembagian bandwidth pada wifi sekolah sehingga di saat trafik data yang terlalu tinggi mengakibatkan akses internet menjadi sangat lambat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan manajemen bandwidth Berbasis mikrotik dengan metode Queue Tree pada jaringan Wireless Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 11 Luwu. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data dan informasi diperoleh dengan observasi yaitu pengamatan langsung ke lokasi penelitian, kemudian wawancara dengan narasumber yaitu kepala laboratorium mencakup akses jaringan wifi yang sedang berjalan di sekolah tersebut. Dan juga studi pustaka untuk mengumpulkan referensi terkait penelitian. Alat yang digunakan pada penelitian ini yaitu mikrotik sebagai perangkat keras jaringan untuk menghubungkan koneksi jaringan. Hasil penelitian yang dilakukan penulis pada laboratorium di lokasi penelitian bahwa manajemen bandwidth menggunakan mikrotik dengan metode queue tree menggunakan aplikasi speedtest sebagai media ukur kecepatan akses jaringan, serta aplikasi Wireshark untuk mengukur Quality of Service pada jaringan lebih optimal digunakan karena pembagian bandwidth pada setiap user lebih merata terutama terhadap kecepatan download dan upload sehingga mengurangi terjadinya konektifitas yang lambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNIRSAL, Nirsal, S.Kom., M.PdNIDN0910118302
UNSPECIFIEDNASSER, Rahmawati Nasser. S.Pd., M.PdNIDN0916058902
Uncontrolled Keywords: Bandwidth, Quality of Service, Speedtest, Queue Tree,Wireshark.
Subjects: Fakultas Teknik Komputer > Informatika
Fakultas Teknik Komputer > Informatika > Jaringan
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Teknik Komputer > Program Studi S1 Informatika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 02 Jul 2021 04:18
Last Modified: 02 Jul 2021 04:18
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item View Item