PEMBUATAN DAN IMPLEMENTASI KEAMANAN JARINGAN WIRELESS BERBASIS MIKROTIK ROUTER PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KRISTEN SERITI

SELPIANSIA, SELPIANSIA (2020) PEMBUATAN DAN IMPLEMENTASI KEAMANAN JARINGAN WIRELESS BERBASIS MIKROTIK ROUTER PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KRISTEN SERITI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
SELPIANSIA_1604411380.pdf

Download (3MB)

Abstract

Selpiansia. 2020. Pembuatan dan Implementasi Keamanan Jaringan Wireleess Berbasis Mikrotik Router pada Sekolah Menengah Kejuruan Kristen Seriti (dibimbing oleh Nirsal dan Abdul Zahir). Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Kristen Seriti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat dan mengimplementasikan keamanan jaringan wireless berbasis mikrotik router pada Sekolah Menengah Kejuruan Kristen Seriti dari pengguna yang tidak bertanggung jawab atau pengguna yang tidak sah yang ingin mengakses setiap dari sistem jaringan wireless atau bahkan merusak jaringan tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, penelitian kualitatif adalah sebuah penelitian yang riset yang sifatnya deskripsi, cenderung menggunakan analisis dan lebih menampakkan proses maknanya dan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dimana melakukan pengamatan langsung ke lokasi dan melakukan proses wawancara langsung terhadap pihak sekolah tentang permasalahan jaringan komputer yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan Kristen Seriti. Dalam penelitian ini penulis menggunakan mikrotik hAP Lite RB941-2nd dan aplikasi winbox untuk mengamankan jaringan wireless Sekolah Menengah Kejuruan Kristen Seriti. Hasil penelitian adalah pembuatan sistem keamanan jaringan wireless menggunakan mikrotik router telah berjalan sebagaimana mestinya. Pengguna yang ingin mengakses jaringan wireless Sekolah Menengah Kejuruan Kristen Seriti akan dialihkan ke halaman login hotspot untuk memasukan username dan password yang telah dibuatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNIRSAL, Nirsal, S.Kom., M.PdNIDN0910118302
UNSPECIFIEDZAHIR, Abdul Zahir, S.Pd., M.PdNIDN0913038604
Uncontrolled Keywords: implementasi, keamanan jaringan, wireless, mikrotik router
Subjects: Fakultas Teknik Komputer > Informatika
Fakultas Teknik Komputer > Informatika > Jaringan
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Teknik Komputer > Program Studi S1 Informatika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 01 Jul 2021 07:37
Last Modified: 01 Jul 2021 07:37
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/391

Actions (login required)

View Item View Item