ANALISIS KEAMANAN JARINGAN WIRELESS FIDELITY (WI-FI) DENGAN FIREWALL BERBASIS MIKROTIK PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 LUWU

FITRIANI, FITRIANI (2020) ANALISIS KEAMANAN JARINGAN WIRELESS FIDELITY (WI-FI) DENGAN FIREWALL BERBASIS MIKROTIK PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
FITRIANI_1604411362_Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fitriani, 2020 Analisis Keamanan Jaringan Wireless Fidelity (Wi-fi) dengan Firewall Berbasis Mikrotik pada Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Luwu (dibimbing oleh Nirsal dan Andi Rosman N) Peneliian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis keamanan jaringan wireless fidelity dengan menggunakan firewall berbasis mikrotik pada SMAN 9 Luwu agar saat pengaksesan dapat dapat berjalan dengan baik dengan berdasarkan rumusan masalah dan latar belakang permasalahan yang ditemui. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menegah Atas 9 Luwu, Desa Bosso, Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data yang terdiri dari metode observasi langsung ke tempat lokasi penelitian, wawancara salah satu guru sekaligus operator jaringan yang ada di sekolah tersebut dan studi pustaka. Hasil dari penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis keamanan jaringan wireless fidelity dengan firewall menggunakan mikrotik adalah terdapat beberapa port yang terbuka. Port-port yang terbuka tersebut yaitu 21-23, 53, 80, 443, dan 2000 selain itu hasil dari penelitian ini juga berhasil melakukan pemblokiran situs youtube dan facebook agar koneksi yang ada tidak terganggu akibat membuka website yang tidak berkepentingan dalam kegiatan sekolah pada SMAN 9 Luwu. Sehingga diharapkan dapat memberikan solusi terhadap keamanan jaringan wireless fidelity disekolah agar jaringan tersebut dapat bekerja dengan baik dan aman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNIRSAL, Nirsal, S.Kom., M.PdNIDN0910118302
UNSPECIFIEDROSMAN, Andi Rosman N. S.Si., M.SiNIDN0910088703
Uncontrolled Keywords: Firewall, Mikrotik, Jaringan, Analisis
Subjects: Fakultas Teknik Komputer > Informatika
Fakultas Teknik Komputer > Informatika > Jaringan
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Teknik Komputer > Program Studi S1 Informatika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 01 Jul 2021 07:26
Last Modified: 01 Jul 2021 07:26
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item View Item