PROTOTYPE KIPAS ANGIN OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR SUHU DHT22, ULTRASONIK HC-SR04, DAN BLUETOOTH HC-05 BERBASIS MIKROKONTROLER

RENALDI, ALDY (2020) PROTOTYPE KIPAS ANGIN OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR SUHU DHT22, ULTRASONIK HC-SR04, DAN BLUETOOTH HC-05 BERBASIS MIKROKONTROLER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
ALDY RENALDI-1604411410.pdf

Download (6MB)

Abstract

Aldy Renaldi. 2020. Prototype Kipas Angin Otomatis Menggunakan Sensor Suhu DHT22, Ultrasonik HC-SR04, dan Bluetooth HC-05 Berbasis Mikrokontroler. (dibimbing oleh Nirsal dan Rosmiati). Penelitian ini bertujuan untuk membuat prototype kipas angin otomatis menggunakan sensor suhu DHT22, ultrasonik HC-SR04 dan bluetooth HC-05 berbasis mikrokontroler. Kipas dapat berputar dan berhenti secara otomatis berdasarkan parameter suhu dan jarak objek. Kipas juga dapat dikontrol manual dengan smartphone Android melalui koneksi bluetooth. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Komputer Kampus 1 Universitas Cokroaminoto Palopo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) yang mengembangkan sistem kipas angin otomatis menggunakan metode pengembangan prototype. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam sistem ini, pengguna dapat menggunakan mode otomatis maupun manual. Saat pertama kali dinyalakan, sistem akan berada pada mode otomatis. Pada mode ini sistem bekerja berdasarkan data sensor suhu DHT22 dan sensor jarak ultrasonik HC-SR04. Nantinya nilai pembacaan dari kedua sensor tersebutlah yang dijadikan parameter untuk menghidupkan atau mematikan kipas. Pengguna juga dapat beralih ke mode manual. Caranya dengan menghubungkan sistem ke smartphone Android melalui koneksi bluetooth lalu menekan tombol power pada aplikasi Android yang telah dibuat sebelumnya. Dalam kondisi ini, data dari aplikasi Android akan di kirim ke Arduino untuk diteruskan ke relay sebagai perintah untuk menghidupkan maupun mematikan kipas. Mode manual ditandai dengan kipas yang langsung berputar dan muncul notifikasi “MODE MANUAL DIAKTIFKAN” pada LCD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNIRSAL, Nirsal, S.Kom., M.PdNIDN0910118302
UNSPECIFIEDROSMIATI, Rosmiati, S.Pd., M.TNIDN0922088201
Uncontrolled Keywords: arduino, relay, android, sensor suhu DHT22, ultrasonik HC-SR04, bluetooth HC-05, kipas angin.
Subjects: Fakultas Teknik Komputer > Informatika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Teknik Komputer > Program Studi S1 Informatika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 01 Jul 2021 03:35
Last Modified: 01 Jul 2021 03:35
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/380

Actions (login required)

View Item View Item