RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN PERANGKAT KERAS BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 9 LUWU

KARISMA, KARISMA (2020) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN PERANGKAT KERAS BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 9 LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
KARISMA-1604411277.pdf

Download (1MB)

Abstract

Karisma. 2020. Rancang Bangun Media Pembelajaran Perakitan Perangkat Keras Berbasis Augmented Reality pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Luwu (Dibimbing oleh Asri dan Nur Wahidin). Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi media pembelajaran perakitan perangkat keras berbasis android. Proses pembelajarannya masih menggunakan metode manual (proses yang digunakan seperti membaca buku, mencatat materi-materi dan mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru) jenis penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian Research and Development (R&D) metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka. Aplikasi berbasis Android ini menggunakan storyboard yang digunakan untuk memberikan gambaran alur pembuatan dan penggunaan aplikasi yang akan dibangun dan akan dijadikan acuan bagi programmer dalam membuat aplikasi. Perancangan aplikasi ini menggunakan Microsoft Office 2010, Corel DrawX7 dan ms. Word 2013. Pembuatan aplikasi menggunakan software Unity 2017.3.1. Penelitian ini menggunakan rancangan blackbox testing, dan aplikasi ini menggunakan sebuah marker untuk menampilkan vidio 3d. Hasil dari penelitian ini diimplementasikan kedalam bentuk aplikasi Android. Berdasarkan hasil pengujian black box yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa aplikasi perakitan komputer layak digunakan dan berfungsi sesuai dengan kebutuhan. Perangkat lunak dapat mengetahui fungsi-fungsi yang tidak benar dan hilang, kesalahan interface, kesalahan kinerja dan secara fungsional mengeluarkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran perakitan perangkat keras komputer yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorASRI, Dr.H. Asri, M.PdNIDN0031126403
UNSPECIFIEDASHARI, Nur Wahidin Ashari, S.Pd., M.PdNIDN0902068901
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Android.
Subjects: Fakultas Teknik Komputer > Informatika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Teknik Komputer > Program Studi S1 Informatika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 30 Jun 2021 05:43
Last Modified: 30 Jun 2021 05:43
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/368

Actions (login required)

View Item View Item