ROBOT PEMBERSIH LANTAI OTOMATIS BERBASIS ARDUINO UNO DENGAN SENSOR ULTRASONIC

PRABOWO, BOBY (2020) ROBOT PEMBERSIH LANTAI OTOMATIS BERBASIS ARDUINO UNO DENGAN SENSOR ULTRASONIC. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
BOBY PRABOWO-1604411100.pdf

Download (4MB)

Abstract

Boby Prabowo. 2020. Robot Pembersih Lantai Otomatis Berbasis Arduino Uno Dengan Sensor Ultrasonic. (dibimbing oleh Rusmala dan Andi Rosman). Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah robot pembersih lantai otomatis berbasis Arduino Uno dengan sensor ultrasonic. Penelitian ini dilaksanakan di Aula C1 Lantai 1, kampus 1 Universitas Cokroaminoto Palopo yang beralamat di Jalan Latammacelling Nomor 19 Kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode pengembangan berupa prototype. Hasil penelitian ini diperoleh sebuah prototype robot yang dapat membersihkan lantai secara otomatis. Cara kerja dari robot ini, pertama robot dapat diaktifkan dengan menekan switch untuk mengalirkan energi listrik ke robot, kemudian buka aplikasi robot di android lalu tekan tombol ON untuk mengaktifkan robot, maka robot akan berjalan dengan bantuan motor DC yang dikendalikan oleh motor driver. Selanjutnya ketika sensor ultrasonic menangkap objek, robot akan mundur sejauh 10cm lalu berputar 90° kearah daerah yang tidak terdapat objek, lalu water pump akan mengeluarkan air selama 3 detik kemudian robot berjalan. Robot dapat diberhentikan dengan menekan tombol OFF pada aplikasi android robot. Berdasarkan hasil pengujian yang telah diuraikan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa prototype robot pembersih lantai otomatis berbasis arduino uno dengan sensor ultrasonic dapat berfungsi dan bekerja sebagaimana mestinya. Pembuatan prototype ini dapat terselesaikan dengan melakukan penggabungan bebera alat seperti arduino uno, sensor ultrasonic, servo, motor DC, motor driver, waterpump, dan bluetooth. Pembuatan prototype robot pembersih lantai berbasis arduino uno dengan sensor ultrasonic berhasil membersihkan lantai secara otomatis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRUSMALA, Rusmala, S.Kom.,M.KomNIDN0908048303
UNSPECIFIEDROSMAN, Andi Rosman N. S.Si., M.SiNIDN0910088703
Uncontrolled Keywords: android, Arduino Uno, Bluetooth , motor DC, motor driver, sensor ultrasonic, servo, switch, water pump.
Subjects: Fakultas Teknik Komputer > Informatika
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Teknik Komputer > Program Studi S1 Informatika
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 29 Jun 2021 03:41
Last Modified: 29 Jun 2021 03:41
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item