Ilyas, Muhammad and S, Salwa (2017) Pengembangan Model Pembelajaran MBS Dengan Cara Individu Dan Kelompok Kecil Berbasis Karakter Mempertimbangkan Kecerdasan Emosional. Prosiding Seminar Nasional, 3 (1). pp. 8-17. ISSN 2443-1109
![]() |
Text (PROSIDING)
12. Prosiding-Pengembangan Model Pembelajaran MBS (Prosiding Seminar Nasional 2017 ).pdf - Published Version Download (566kB) |
![]() |
Text (Similarity Check)
12. Pengembangan Model Pembelajaran MBS (Prosiding Seminar Nasional 2017 ).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Peer Review)
13 Peerreview drmuhilyas.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
12artikel.pdf Download (191kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan dan menghasilkan model pembelajaran MBS melalui pembelajaran individu dan kelompok kecil berbasis karakter yang mempertimbangkan kecerdasan emosional (model PIK4E) yang efektif; dan (2) mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran MBS yang sesuai dengan model PIK4E. Survei dan uji coba dilakukan di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo. Hasil uji coba menunjukkan model PIK4E memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran MBS dengan model PIK4E efektif. Perangkat pembelajaran sesuai dengan model PIK4E yang terdiri atas RPS, LKMI, LKMKK, LKM, dan materi pembelajaran. Implementasi model PIK4E, sudah dilakukan sejak investigasi awal, yaitu sejak kajian model pembelajaran, peneliti menemukan kelebihan dan keterbatasan model pembelajaran masing-masing, yaitu cara individu dan kelompok pembelajaran kecil, dan membuat rancangan untuk penelitian ini. Model PIK4E memiliki sintaks yang terdiri atas lima fase yang tersebar dalam tiga kegiatan, yaitu (1) kegiatan awal (fase satu: pengantar/pembukaan); (2) kegiatan inti (fase dua: informasi, demonstrasi, dan aktivitas individu; fase tiga: informasi dan aktivitas kelompok; fase empat: kuis evaluasi); (3) kegiatan akhir (fase lima: penutup). Model PIK4E dalam aktivitas individu mereka berbuat, mensintesis pengetahuan, dan membangun karakter diri, serta menumbuhkan kecerdasan emosional diri. Dalam aktivitas kelompok, dilanjutkan dengan kegiatan berinteraksi dengan anggota kelompok lain. Karena itu model PIK4E dapat dipakai sebagai satu alternatif model pembelajaran MBS berdasarkan kurikulum perguruan tinggi yang dapat membantu terlaksananya optimalisasi pembelajaran individu dan kelompok kecil berbasis karakter yang mempertimbangkan kecerdasan emosional secara terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Individu, Pembelajaran Kelompok, Karakter, Kecerdasan Emosional |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Penelitian dan Pengabdian Masyarakat > Prosiding Program Pasca Sarjana S2 Pendidikan Matematika > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Syafriadi Uncp |
Date Deposited: | 18 May 2020 18:16 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 19:15 |
URI: | http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/32 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |