VARIASI MEDIA MS (Murashige and Skoog) DENGAN EKSTRAK JAGUNG MANIS PADA PERBANYAKAN TANAMAN ANGGREK CATTLEYA (Cattleya L.) SECARA IN-VITRO

MAIDA, SULIS (2020) VARIASI MEDIA MS (Murashige and Skoog) DENGAN EKSTRAK JAGUNG MANIS PADA PERBANYAKAN TANAMAN ANGGREK CATTLEYA (Cattleya L.) SECARA IN-VITRO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
SULIS MAIDA-1602406047.pdf

Download (569kB)

Abstract

Jagung Manis pada Perbanyakan Tanaman Anggrek Cattleya (Cattleya L.) Secara In-Vitro. (Dibimbing oleh Rahman Hairuddin S.P., M.Si., dan Ulfah Zakiyah, S.Pd., M.Sc.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Variasi Media MS dengan ekstrak jagung manis pada perbanyakan tanaman anggrek Cattleya secara in-vitro dan untuk mendapatkan konsentrasi dosis zat pengatur tumbuh yang tepat terhadap pertumbuhan kalus anggrek Cattleya. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Cokroaminoto Palopo, Jalan Lamaranginang, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo pada bulan Januari 2020 sampai Juni 2020. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan yang terdiri dari 3 ulangan. Sehingga terdapat 18 unit percobaan. Taraf perlakuan yang digunakan yaitu P0= Kontrol, P1= Media MS+Ekstrak jagung manis 6 ppm+NAA 3 ppm+BAP 2 ppm, P2= Media MS+Ekstrak jagung manis 7 ppm+NAA 3 ppm+BAP 2 ppm, P3= Media MS+Ekstrak jagung manis 8 ppm+NAA 3 ppm+BAP 2 ppm, P4= Media MS+Ekstrak jagung manis 9 ppm+NAA 3 ppm+BAP 2 ppm, dan P5= Media MS+Ekstrak jagung manis 10 ppm+NAA 3 ppm+BAP 2 ppm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan P5= Media MS+Ekstrak jagung manis 10 ppm+NAA 3 ppm+BAP 2ppm merupakan konsentrasi dosis ZPT yang terbaik terhadap variasi media pada perbanyakan tanaman anggrek Cattleya yang berpengaruh sangat nyata pada parameter tinggi kalus dengan rata-rata tinggi kalus 1,03 cm; bobot basah kalus dengan rata-rata 11,66 mg dan pada parameter waktu muncul kalus dengan rata-rata 16,33 hari; warna pada sampel penelitian putih kehijauan dengan struktur dan tekstur remah bergerombol. Hal ini diduga karena pemberian zat pengatur tumbuh pada perlakuan P5 seimbang sehingga memacu pembentukan kalus pada eksplan anggrek Cattleya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHAIRUDDIN, Rahman Hairuddin, S.P., M.SiNIDN0930077303
UNSPECIFIEDZAKIYAH, Ulfah Zakiyah, S.Pd., M.ScNIDN0907128802
Uncontrolled Keywords: Anggrek cattleya, Ekstrak jagung manis, Kalus, Kultur in-vitro
Subjects: Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agroteknologi
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 14 Jun 2021 08:09
Last Modified: 14 Jun 2021 08:09
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/254

Actions (login required)

View Item View Item